Tips Memilih Domain Website Untuk Bisnis

 

Di masa serba digital saat ini, Website telah menjadi suatu kebutuhan bagi setiap kalangan, terutama dunia bisnis. Yap, dunia bisnis, website seringkali dijadikan media untuk menyampaikan segala macam informasi seperti promo terbaru, produk terbaru, berita dan artikel hingga meng-eksplor tentang perusahaan Anda.

Bagi Anda yang baru memulai membuat website, perlu diketahui bahwa isi dan konsistensi update konten akan berefek dengan jumlah pengunjung website Anda setiap harinya yang mana berpengaruh terhadap trafik website Anda. Namun yang lebih penting saat memulai membuat website adalah bagaimana menentukan nama domain website Anda. Kenapa penting? Karena nama domain inilah yang nantinya akan dipakai dalam jangka waktu yang lama dan menjadi identitas bisnis Anda di dunia digital. Sebelum kami membahas tentang bagaimana menentukan domain, tentu Anda harus mengenal terlebih dahulu apa itu Domain.

“Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi alamat (IP address) server komputer seperti website atau email server di internet.”

Nah, sudah tau bukan? Kemudian kami akan membahas tentang tips memilih nama domain yang cocok dengan bisnis Anda karena dalam banyak kasus di internet, nama domain dapat memberikan kontribusi penjualan dan promosi yang cukup baik yang memberikan dampak positif bagi bisnis Anda

Bagaimana Mencari Nama Domain yang Baik?

Anda dapat melakukan beberapa observasi untuk menentukan apa nama domain untuk website perusahaan. Dengan begitu, Anda dapat menentukan nama domain yang pas.

1. Sesuaikan dengan nama usaha atau jenis usaha

Anda dapat menggunakan nama usaha ataupun jenis usaha untuk memilih nama domain website. Dengan begitu, identitas tentang bisnis Anda akan terus melekat dan diingat oleh pengunjung website Anda. Misal: www.eikontechnology.com, www.amazingrentcar.co.id.

2. Sesuaikan dengan isi atau konten di dalam website

Selain jenis usaha, juga dapat menggunakan nama domain yang sesuai dengan topik dari  isi atau konten di website Anda yang membuat pengunjung mengetahui secara garis besar tentang website Anda.  

3. Gunakan kata yang mudah diingat

Dengan menggunakan kata yang mudah diingat, pengunjung website akan dengan mudah mencari dengan cara mengetik namai website Anda. Hal itu akan meningkatkan Direct traffic website.

4. Hindari menggunakan numerik dan atau tanda baca

Sebisa mungkin, hindari kata atau karakter yang rumit dalam penamaan domain yang akan menyulitkan pengunjung mencari website Anda. Tentu ngga mau dong, trafik website turun karena pengunjung kesulitan mencari?

5. Hindari nama yang terlalu panjang

Selain itu, usahakan jangan terlalu panjang melebihi 20 karakter. Nama domain memang membantu mereprentasikan perusahaan, namun akan mengganggu jika terlalu banyak karakter.

6. Gunakan kata yang sering dicari

Gunakan kata-kata yang sering dicari oleh pengguna internet. Gunakan Google Keyword Tools untuk melihat kata kunci yang banyak dicari orang di mesin pencari (search engine).

7. Gunakan ekstensi nama domain Internasional

Ada berbagai ekstensi domain yang tersedia khususnya di Indonesia, seperti: ,co.id dan .com untuk badan usaha komersial, .net untuk penyedia jaringan ISP, .org untuk lembaga organisasi, .edu untuk institusi pendidikan, dan .mil untuk lembaga militer. Namun ekstensi .com sejauh ini tetap merupakan ekstensi yang paling mudah diingat karena bersifat global.

8. Pastikan belum digunakan oleh pihak lain

Hal ini juga tak kalah penting. Tentu Anda harus pastikan bahwa kata-kata dari domain yang Anda pilih belum digunakan oleh perusahaan lain. Cara mudah untuk menentukan, buat list yang mungkin untuk dijadikan domain bisnis Anda, kemudian cek di whois.net untuk ketersediaan domain. Jika sudah menemukan nama yang cocok dan tersedia, segera daftarkan domain Anda.

9. Masih kurang yakin? Konsultasikan dengan konsultan IT terpercaya

JIka Anda tidak memiliki waktu atau kesulitan dalam menerapkan hal-hal diatas, tidak ada salahnya mempercayakan pemilihan domain Anda ke beberapa perusahaan konsultan teknologi yang kini akan sangat membantu Anda dalam menentukan arah dan bagaimana website Anda berjalan.

Tentunya, kami EIKON Technology siap membantu Anda dalam penerapan digital teknologi ke dalam bisnis Anda. Selain website, ada banyak business tools yang memberikan kemudahan pada bisnis Anda. Sila hubungi team kami disini, dan dapatkan solusi terbaik untuk kelancaran  bisnis Anda.

Atau kunjungi kami di:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of