Upgrade Fitur Pendidikan Online di Perangkat Chromebook

Fitur Pendidikan Online – Sejak tahun lalu, kegiatan belajar dan mengajar di seluruh dunia telah berpindah ke ranah online demi menghambat penyebaran virus COVID-19. Google Chromebook menjadi salah satu perangkat yang diandalkan untuk melangsungkan aktivitas pendidikan online.

Kemudahan pemakaian, sehingga mempercepat adaptasi, menjadi alasan utama Chromebook digunakan banyak pengajar dan pelajar. Demi terus menunjang kualitas pendidikan online di penjuru dunia, Google tak hanya rutin melakukan update sistem operasi, tapi juga upgrade fitur pada perangkat Chromebook. Cari tahu apa saja upgrade fitur tersebut melalui uraian berikut ini!

Perangkat screen recording baru

Upgrade Fitur Pendidikan Online di Chromebook

Photo Credit: Ivan Samkov (Pexels)

Sejak sebelum pandemi, sudah banyak pengajar atau edukator yang merekam sesi pembelajaran untuk membantu murid mengerjakan tugas atau belajar sebelum ujian. Kebutuhan tersebut meningkat selama setahun belakangan ini mengingat pembelajaran dilakukan secara virtual.

Didasari kebutuhan tersebut, Google pun menghadirkan perangkat screen recording baru pada Chrome OS. Fitur ini sudah bisa Anda dapatkan melalui update Chromebook terbaru pada Maret 2021 lalu. Berkat adanya perangkat tersebut, para pengajar dan pelajar pun kini bisa dengan mudah merekam sesi pembelajaran dan memutarnya kembali untuk review.

Lebih mudah kelola Chromebook dengan Google Admin Console

Upgrade Fitur Pendidikan Online di Chromebook

Photo Credit: Artem Podrez (Pexels)

Demi menunjang kegiatan pendidikan online, banyak sekolah di berbagai negara yang membeli ratusan bahkan ribuan perangkat Chromebook untuk staff pengajar dan para murid. Dengan begitu banyaknya Chromebook, pihak sekolah mungkin akan kesulitan untuk mengelolanya. Namun, kekhawatiran tersebut telah mendapatkan solusi dari Google dalam bentuk Google Admin Console.

Google Admin Console adalah sebuah laman atau space yang ditujukan bagi administrator atau super admin untuk melakukan berbagai pengaturan terhadap perangkat Chromebook. Ya, bahkan untuk ratusan hingga ribuan perangkat Chromebook sekaligus.

Melalui Google Admin Console, pihak admin bisa mengaktifkan akun baru, menambah atau membatasi akses, dan sebagainya. Kabar baiknya lagi, Google Admin Console juga dilengkapi fitur Zero Touch Enrollment yang memungkinkan admin untuk mengaktifkan dan mengelola banyak perangkat Chromebook sekaligus dari jarak jauh.

Akses untuk murid penyandang disabilitas

Photo Credit: Marcus Aurelius (Pexels)

Google berkomitmen memberikan akses pendidikan online untuk seluruh murid dengan kondisi apa pun, termasuk murid penyandang disabilitas. Sejumlah upgrade fitur pun dilakukan demi mewujudkan hal tersebut.

Beberapa upgrade tersebut dapat Anda dapatkan melalui ChromeVox, perangkat screen reader pada Chromebook. Salah satu bentuk upgrade tersebut adalah fitur peralihan suara yang otomatis akan mengubah suara pembaca tulisan layar sesuai dengan bahasa pada teks.

Tak hanya itu, Google juga memberikan upgrade pada Meet di Chromebook. Aplikasi video conference satu ini menerima peningkatan performa pada kualitas dan video. Alhasil, aktivitas pembelajaran online lewat video pun bisa berlangsung lebih mulus.

Fitur khusus untuk keterlibatan orang tua

Photo Credit: Katerina Holmes (Pexels)

Dengan pembelajaran online yang berlangsung dari rumah masing-masing, bantuan dan partisipasi orang tua pun semakin dibutuhkan untuk mendukung pendidikan anak. Google pun menambahkan fitur khusus yang memungkinkan orang tua melakukan hal tersebut sambil tetap memastikan bahwa anak-anak mereka beraktivitas online secara aman.

Kini orang tua bisa menambahkan akun Google Workspace for Education pada akun Google personal anak dan mengelolanya melalui fitur Family Link.

Melalui adanya upgrade fitur ini, orang tua bisa menentukan situs dan aplikasi mana saja yang bisa diakses anak sambil tetap mengawasinya. Di sisi lain, anak tetap dapat mengakses situs dan aplikasi yang mereka butuhkan secara aman dengan menggunakan akun dari sekolah.

Kini melangsungkan kegiatan pendidikan online jadi semakin mudah dan aman berkat beragam upgrade fitur pada Google Chromebook. Kabar baiknya lagi, tahun ini Google meluncurkan 40 perangkat Chromebook baru dengan berbagai fitur yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Anda bisa mendapatkan salah satunya melalui EIKON Technology. Sebagai reseller resmi perangkat Google yang tepercaya di Indonesia, EIKON Technology tak sekadar menjual Chromebook, tapi juga akan membantu Anda dalam adaptasi penggunaannya.

Bahkan jika Anda membutuhkan perangkat Google lain untuk memaksimalkan performa Chromebook, tim EIKON Technology akan siap melayani Anda. Jadi, tunggu apa lagi? Segera dapatkan perangkat Chromebook melalui EIKON Technology untuk mengoptimalkan aktivitas pendidikan online!

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of