Bagaimana Google Chromebooks Menjangkau 40 Juta Pengajar dan Pelajar di Dunia?

Sejak diluncurkan pertama kali pada 2011 lalu, hingga kini Google Chromebooks telah berhasil menjangkau lebih dari 40 juta pengajar dan pelajar di seluruh dunia. Bahkan di beberapa negara seperti Australia, Jepang, dan Kanada, Google Chromebooks sudah menjadi perangkat penting dalam kegiatan pendidikan sehari-hari mereka.

Selama sepuluh tahun hadir membantu bidang pendidikan, tentu perjalanan yang ditempuh Google Chromebooks sangatlah panjang. Berbagai tantangan diatasi, beragam milestones berhasil dicapai. Bagaimana Google Chromebooks melakukan itu semua?

Utamakan tiga prinsip utama: simpel, cepat, dan aman

Photo Credit: KOBU Agency (Unsplash)

Walaupun pertama kali diluncurkan ke publik pada 2011, sebetulnya Chromebooks sudah lebih dulu melalui program pilot pada 2010. Beberapa sekolah di Amerika Serikat mendapat kesempatan menggunakan Google Chromebooks untuk pertama kalinya.

Tim Google pun mencatat bahwa para pengajar dan pelajar begitu menyukai Chromebooks karena pemakaiannya begitu sederhana, cepat, dan aman. Ketiga hal tersebut memang menjadi prinsip utama Google dalam menciptakan Chromebooks, yang terus dibawa hingga hari ini.

Terlebih, selama satu dekade belakangan ini, Google juga rutin melakukan upgrade terhadap Chromebooks. Melalui Google Admin Console, misalnya, kini para administrator sekolah bisa mengelola perangkat Chromebooks secara remote karena sifatnya yang berbasis cloud. Lagi-lagi begitu simpel, cepat, dan aman.

Terus meningkatkan akses untuk para pengajar dan pelajar

Photo Credit: Brooke Cagle (Unsplash)

Sejak awal, Chromebooks dirancang agar bisa menjadi salah satu pondasi penting dalam aktivitas belajar dan mengajar, tak peduli di mana pun Anda berada. Itulah kenapa kemudahan akses menjadi salah satu fokus utama Google dalam mengembangkan Chromebooks.

Demi mewujudkan hal tersebut, Google bekerja sama dengan sejumlah produsen seperti Samsung, Acer, Lenovo, HP, Dell, dan ASUS untuk melakukan ekspansi Chromebooks secara global. Bahkan baru-baru ini, Sharp dan NEC juga bergabung dan sudah mulai mengembangkan Chromebooks untuk pasar pendidikan Jepang.

Di samping itu, akses koneksi pada Chromebooks juga terus ditingkatkan dengan adanya opsi untuk terhubung pada Wi-Fi dan mobile data. Dengan begini, para pengajar dan pelajar bisa lebih mudah mengakses berbagai fitur dalam Chromebooks, termasuk Chromebook App Hub.

Chromebook App Hub adalah online resource untuk membantu para pengajar menemukan ide, perangkat, dan aplikasi yang bisa digunakan secara tepat dalam kegiatan belajar dan mengajar. Nantinya, pihak pengajar juga bisa memberikan feedback serta masukan kepada tim Google terkait aplikasi atau perangkat yang dibutuhkan.

Sediakan fitur yang benar-benar dibutuhkan

Bagaimana Google Chromebooks Menjangkau 40 Juta Pengajar dan Pelajar di Dunia?

Photo Credit: Anete Lusina (Unsplash)

Keberhasilan Chromebooks dalam menjangkau 40 juta pengajar dan pelajar di dunia juga tak terlepas dari fitur-fitur yang disematkan. Fitur-fitur ini tak hanya modern, tapi juga selalu mengikuti kebutuhan pengajar, pelajar, dan para pelaku pendidikan lainnya.

Salah satu contohnya adalah Screen Capture. Sejak 2020 lalu, kegiatan belajar-mengajar beralih ke ranah online akibat pandemi COVID-19. Google Meet pun banyak digunakan untuk pembelajaran melalui video conference. Dengan adanya Screen Capture, Anda bisa melakukan screenshot dan screen recording secara mudah selama kegiatan belajar-mengajar online berlangsung.

Nantinya, setiap hasil screenshot maupun screen recording akan muncul secara otomatis pada Tote, fitur space baru untuk menyimpan berbagai dokumen penting secara mudah. Cocok untuk menambahkan foto atau video pada file presentasi atau proyek kelompok.

Masih dengan mengutamakan tiga prinsip utamanya—simpel, cepat, dan aman—Google Chromebooks masih akan terus menjangkau jutaan pengajar dan pelajar lain di dunia. Ambil bagian dari perubahan besar ini dengan menggunakan Chromebooks dalam kegiatan belajar dan mengajar Anda.

Tak perlu bingung, Anda bisa mendapatkan Chromebooks melalui EIKON Technology, reseller resmi perangkat asli Google yang tepercaya di Indonesia. Di EIKON Technology, Anda tak hanya akan mendapatkan perangkat Chromebooks dengan harga relatif terjangkau, tapi juga layanan terbaik dari tim staf kami. Segera dapatkan sekarang juga di sini!

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of