Bluebar_navbar

23

Feb


Presentasi Aplikasi M-Bonk oleh EIKON Technology

Berawal dari banyaknya keluhan masyarakat akan jalan rusak, kini M-Bonk, aplikasi terbaru Android sudah bisa Anda download di Play Store untuk lapor jalan rusak dan berlubang di Sidoarjo dan sekitarnya. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan akan timbul partisipasi dari masyarakat untuk saling membantu dengan pemerintah kabupaten Sidoarjo dalam menciptakan infrastruktur yang lebih baik lagi.

Aplikasi M-Bonk di Launching oleh Pemkab Sidoarjo

Aplikasi_M-Bonk_.jpg

Awal mula aplikasi ini diprakarsai oleh Microsoft Indonesia yang menggelar lomba CityApp Appathon, yakni kompetisi pembuatan aplikasi di kota Sidoarjo, Jawa Timur. Kompetisi ini dimenangkan oleh Tim THOR dari Universitas Kanjuruhan Malang yang mengusung project road report (ROAR) yang memudahkan warga untuk melapor kondisi jalanan yang rusak dan berlubang pada pihak yang berwenang untuk tanggapan cepat.

Ide menarik mereka kini terealisasikan dalam aplikasi M-Bonk, yang dalam pembuatannya dibantu oleh banyak pihak seperti PemKab Sidoarjo, Microsoft Indonesia, dan EIKON Technology sebagai Partner resmi dari Microsoft Indonesia sekaligus juri lomba CityApp Appathon, mengembangkan aplikasi ini hingga matang sehingga dapat digunakan oleh khalayak luas.

Aplikasi ini memanfaatkan GPS pada pengerjaannya. Anda cukup menginput jalan yang mengalami kerusakan pada aplikasi M-Bonk, lalu Anda akan mendapat nomor tiket laporan yang bisa Anda gunakan untuk pengecekan selanjutnya melalui aplikasi atau website. Laporan tersebut akan langsung masuk pada database Dinas PU Bina Marga kabupaten Sidoarjo untuk ditindak lanjuti.

Nah, selanjutnya Anda dapat mengecek progress yang sudah dilakukan oleh Dinas PU melalui nomor tiket laporan yang Anda terima.

Sidoarjo Telah Memulai Langkah Awal, Akankah Diikuti Oleh Kota-Kota Lainnya?

jalan_rusak.jpg

Jalan rusak dan berlubang tak hanya terjadi di kota Sidoarjo saja, banyak kota-kota lain juga mengalami masalah serupa. Yang memprihatinkan adalah ketika jalanan yang rusak dan berlubang itu dibiarkan terlalu lama sehingga dapat menyebabkan pengendara jalan terjatuh akibat lubang.

Mengambil tema "Sidoarjo Peduli Jalan", pemkab Sidoarjo mengawali langkah tepat untuk menanggulangi jalan rusak dengan melaunching aplikasi M-Bonk agar warga dapat berpartisipasi dalam melaporkan kondisi dan lokasi jalan mana saja yang perlu perbaikan, sehingga kecelakaan pun dapat terhindarkan.

Langkah baik ini diharapkan dapat menular ke kota-kota lainnya di Indonesia dalam rangka meningkatkan infrastruktur dan layanan masyarakat yang lebih baik melalui teknologi.

Perlu adanya kerjasama yang simultan antara warga dan pemerintah kota untuk mewujudkan kota yang lebih nyaman dengan fasilitas yang baik, tidak bisa hanya bertumpu pada pemerintah setempat saja.

Nantinya pengembangan aplikasi ini tak hanya meng-cover layanan jalan rusak dan berlubang saja, melainkan juga layanan pengaduan keributan, layanan penerangan jalan, layanan perbaikan taman, dan layanan umum. 

Untuk menikmati aplikasi, Anda cukup mendownloadnya secara gratis di Play Store. Tak hanya menjadi cloud expert, EIKON Technology kini merambah dunia mobile application. Kontak kami untuk solusi mobile, web, dan cloud untuk kebutuhan Anda :)

Hubungi EIKON Disini >

 

It's All About The Cloud

Welcome to EIKON Technology blog! We're excited to share our insights about the IT industry and the Cloud. Subscribe today to get the latest news.

  • Cloud News
  • Partner Updates
  • Product Releases
  • Company News

Subscribe To Updates