Bluebar_navbar

3

Nov


"Diskusi inovatif aplikasi perpustakaan berbasis web di SLIMS COMMEET 2015"

Dengan adanya program aplikasi perpustakaan berbasis web open source yang dibuat khusus untuk dunia perpustakaan dapat memudahkan para pustakawan dan siswa atau user dalam pengelolaan perpustakaan. Dari proses pencarian informasi, katalog, sirkulasi, dan hampir semua kegiatan pengelolaan perpustakaan yang lain dapat dengan mudah dilakukan secara online.

Aplikasi Senayan Library Management System (SLIMS)

Salah satu contohnya adalah program Senayan Library Management System (SLIMS). Aplikasi perpustakaan berbasis web ini menjawab kebutuhan automasi perpustakaan skala kecil hingga besar akan inovasi yang lebih global pada sistem mereka.

Aplikasi ini cocok digunakan bagi perpustakaan yang memiliki koleksi, anggota dan staff banyak di lingkungan jaringan, baik jaringan lokal (intranet) maupun internet. Contohnya adalah perpustakaan pada lembaga pendidikan seperti sekolah dan universitas.

Selain itu, SLIMS juga merupakan aplikasi multi-platform yang dilisensikan dibawah GPL v3, yang bisa berjalan dengan baik hampir di semua sistem operasi yang dapat menjalankan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL. Aplikasi SLIMS dikembangkan diatas platform GNU/Linux dan berjalan dengan baik diatas platform lainnya seperti FreeBSD dan Windows.

Acara Tahunan SLIMS COMMEET 2015

Sementara itu, SLIMS memiliki ajang tahunan yang dinamakan SLIMS COMMEET untuk mempertemukan komunitas SLIMS, Senayan Developer Community (SDC), serta penggiat perpustakaan dan open source untuk berbagi pengalaman dan best practices, serta berdiskusi mengenai pengembangan dan rencana kegiatan SLIMS dalam rangka membangun dunia perpustakaan yang lebih maju dan profesional. Tahun ini, SLIMS COMMEET akan dilaksanakan pada tanggal 7-8 November 2015, di Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang.

Integrasi Aplikasi Perpustakaan Berbasis Web dan Google Apps for Education

Aplikasi perpustakaan berbasis web lebih memudahkan pustakawan

Karena tingginya kebutuhan akan teknologi informasi saat ini telah merambah berbagai bidang seperti perbankan, bisnis, perdagangan, pendidikan dan perpustakaan untuk pengelolaan buku. Terutama kini ketika akses internet menjadi lebih mudah, dunia jadi semakin global.

Untuk itu SLIMS COMMEET 2015 mengundang EIKON Technology sebagai pembicara yang akan menjelaskan mengenai integrasi penggunaan rangkaian alat produktivitas seperti Google Apps for Education dengan aplikasi perpustakaan berbasis web.

Para siswa memiliki banyak aktivitas yang menuntut mereka selalu aktif, untuk itu perlu adanya fasilitas yang dapat membantu mereka lebih produktif. Diantaranya adalah kemudahan integrasi online yang bisa didapatkan dengan hanya menggunakan satu akun (user) email siswa untuk melakukan hal-hal seperti:

  • Menjadi member perpustakaan; melakukan peminjaman dan pengembalian buku
  • Membuat jadwal pertemuan dengan guru atau dosen melalui Kalender online
  • Mengumpulkan tugas secara online 
  • Berbagi, berdiskusi dan mengerjakan dokumen online bersama teman satu tim

Manfaat ini tidak hanya dapat dirasakan oleh siswa, namun juga seluruh staff dan guru atau dosen dari lembaga pendidikan tersebut. Bahkan sangat mungkin untuk melakukan kolaborasi antara guru dan siswa dalam kelas online, dimana siswa dapat berbagi dokumen dan berdiskusi dengan pengajar mengenai suatu materi pembelajaran begitu juga sebaliknya.

Sudah banyak lembaga pendidikan seperti universitas dan sekolah yang mempercayakan Google Apps sebagai solusi produktivitas untuk para akademisi, sekaligus menjadi solusi belajar tanpa batas bagi siswa yang dapat dilakukan dimana saja, kapan saja. Perusahaan seperti EIKON Technology sebagai penyedia layanan Google Apps for Education dapat membantu Anda dan Universitas/Sekolah mencapai berbagai manfaat diatas. Klik tombol dibawah ini untuk berkonsultasi tentang Google Apps dengan EIKON Technology:

Coba Google Apps for Education untuk 30 hari >

It's All About The Cloud

Welcome to EIKON Technology blog! We're excited to share our insights about the IT industry and the Cloud. Subscribe today to get the latest news.

  • Cloud News
  • Partner Updates
  • Product Releases
  • Company News

Subscribe To Updates