Bluebar_navbar

2

Sep


Anda pasti sering sekali dengar kutipan "waktu adalah uang" yang berarti bahwa waktu dinilai sebagai hal yang sangat berharga bagi banyak orang. Bayangkan bila Anda dapat mengatur waktu, mungkin akan banyak keuntungan yang menghampiri, terlebih lagi dalam urusan pekerjaan. Berikut ini ada tips manajemen waktu yang praktis untuk membuat Anda bekerja lebih produktif dan efisien.

Dengan Mengatur Waktu, Anda Dapat Bekerja Lebih Produktif dan Bersemangat

Rata-rata pekerja Indonesia bekerja 8-9 jam sehari. Untuk itu kita harus pandai-pandai memanfaatkan waktu tersebut untuk menyelesaikan pekerjaan sehingga tak perlu lembur sampai larut malam. Coba untuk membuat prioritas pekerjaan tiap harinya dengan cara membuat rencana kerja dan alokasikan berapa waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Pertama, coba tuliskan semua pekerjaan yang ada dan harus diselesaikan. Atur tiap pekerjaan dari skala urgent atau yang harus selesai dengan segera, sampai skala medium yang dapat dipending dahulu setelah pekerjaan urgent selesai. Biasakan untuk memiliki target waktu tertentu yang harus dicapai dalam menyelesaikan pekerjaan.

Planning yang Anda lakukan untuk satu hari itu akan berfungsi sebagai panduan sehingga Anda bisa lebih fokus dan serta menghindari lembur. Dengan memiliki prioritas jadwal kerja yang teratur dapat menambah produktivitas kerja karyawan.

ngatur-waktu-kerja

Bagaimana Bila Jadwal Tak Terduga Tiba-Tiba Muncul?

Disaat kita telah menyiapkan jadwal yang sudah tertata rapi pada hari sebelumnya, lalu datanglah tugas mendadak yang tiba-tiba datang dan menuntut harus segera diselesaikan. Apa yang harus dilakukan?

Menyikapi hal ini, pertama yang harus Anda lakukan adalah ketahui seberapa urgent tugas baru ini daripada pekerjaan Anda sebelumnya. Katakan dengan sopan pada pemberi tugas tersebut bahwa saat ini Anda sedang menyelesaikan pekerjaan yang sedang berjalan sebelumnya, lalu tanyakan apakah dapat menunggu beberapa menit agar Anda dapat menyelesaikan (atau men-save) pekerjaan Anda sebelum beralih ke tugas baru tersebut.

Pastikan untuk mengatur apa dan kapan tugas itu akan dikerjakan dan diselesaikan. Jangan mengisi semua waktu yang Anda miliki dengan hal – hal yang mendadak dan tanpa rencana.

Kini Saatnya Anda Bekerja Dengan Efisien

Tips manajemen waktu selanjutnya adalah bekerja dengan efisien dapat sangat menguntungkan Anda. Bekerja efisien yang dimaksud adalah perbandingan terbaik antara suatu kerja dengan hasil yang dicapai oleh kerja itu.

Contoh mudahnya, Anda berada dalam satu tim dengan beberapa kolega yang sedang terlibat dalam suatu project. Bukankah cukup merepotkan bila Anda harus bertanya satu-persatu pada kolega tentang laporan, update, atau revisi pekerjaan?

Penggunaan layanan penyimpanan online seperti Google Drive dari, Dropbox, atau OneDrive dari raksasa perusahaan IT Mircrosoft, akan sangat membantu dalam proses bekerja yang lebih efisien. Dengan menggunakan media online storage, Anda dapat menyimpan semua hal yang berhubungan dengan suatu project secara online, sehingga Anda dan tim Anda dapat mengaksesnya secara online dengan mudah dan aman.

Selain media online storage, biasanya mereka juga menyediakan alat produktivitas seperti Docs, SpreadSheet, dan Slide, yang memungkinkan Anda dan tim Anda bekerja bersama-sama secara online dan real-time sehingga Anda dapat mengetahui update apapun atau revisi terbaru tentang project Anda.

Sering-Mengantuk

Jangan Lupa Mengambil Istirahat Sejenak

Setelah Anda mengetahui cara membuat rencana kerja dari tips manajemen waktu ini, jangan lupa selipkan istirahat pada jadwal harian Anda. Jangan anggap remeh kekuatan istirahat walau hanya sekedar ke toilet untuk membasuh wajah atau melakukan peregangan.

Dengan isitirahat, akan berdampak luar biasa bagi tubuh Anda. Selain dapat menyegarkan mood, beristirahat juga membantu tubuh dan pikiran Anda untuk cooling down dari tekanan pekerjaan yang terus menerus. 

Istirahat makan siang berguna untuk menambah energi dari asupan makanan, sehingga Anda tidak merasa lesu. Lakukan juga istirahat kecil setiap 1-2 jam walaupun hanya sekedar minum air putih dan me-relax-kan diri dengan cara berhenti mengetik dan menatap layar komputer.

Lebih bagus lagi bila Anda dapat melakukan peregangan otot sambil berdiri. Hal ini akan berefek melancarkan peredaran darah sehingga asupan oksigen dalam tubuh pun dapat bekerja maksimal untuk membantu menyegarkan Anda kembali. Selain itu juga dapat mencegah rasa kantuk yang berlebihan.

Mulailah dari menentukan prioritas dengan cara membuat rencana kerja harian. Buat catatan atau post-it lalu tempel sebagai pengingat Anda. Jangan suka menunda-nunda pekerjaan, lakukan apa yang bisa Anda kerjakan pada saat itu agar terhindar dari lembur.

Bila perlu, minta bantuan kolega seperti saran dan ide tertentu atau coba kolaborasi bersama tim Anda menggunakan Google Drive agar pekerjaan dapat segera terselesaikan dengan cepat. Anda dapat mencoba Google Drive dan applikasi populer dari Google untuk skala bisnis dengan gratis di bawah ini.

More about Google G Suite >>

 

Coba Gratis G Suite Selamanya

It's All About The Cloud

Welcome to EIKON Technology blog! We're excited to share our insights about the IT industry and the Cloud. Subscribe today to get the latest news.

  • Cloud News
  • Partner Updates
  • Product Releases
  • Company News

Subscribe To Updates

Popular Post

Recent Posts