5 Metrik Utama Mengukur Dampak Cloud FinOps di Organisasi Anda pada Tahun 2022

Metrik sangat diperlukan bagi sebuah tim IT perusahaan dalam mengukur sejauh mana efektifitas perangkat yang digunakan. Salah satunya adalah Cloud FinOps. Untuk mengukur dampak penggunaan dari Cloud FinOps pada sebuah organisasi melalui platform Google Cloud, di sini yang paling utama bagi tim IT perusahaan adalah dengan menetapkan nilai dasar pengukuran itu sendiri. 

Di sini, beberapa aspek yang paling penting adalah bagaimana komponen baik hardware maupun software IT tersebut dijalankan. Kemudian, memiliki Key Performance Index (KPI) yang jelas untuk mengukur keberhasilan. Untuk tipe organisasi di sebuah perusahaan menghitung metrik dapat berfokus pada biaya yang dikeluarkan dan apa saja yang mereka dapatkan dari biaya yang dikeluarkan tersebut untuk kebutuhan IT perusahaan.

Bentuk Pengukuran Metrik

Photo: Opsani

Menyambung dari ulasan singkat di atas, maka dalam mengukur dampak Cloud FinOps ini ada lima metrik utama sebagai berikut.

  • Metrik Perhitungan Biaya

Metrik yang pertama adalah menghitung biaya pengeluaran untuk IT support. Optimasi biaya menjadi kunci penting jika perusahaan ingin meningkatkan traffic yang cukup tinggi. Menghitung metrik perhitungan biaya ini, biasanya ada dua tipe yang sering digunakan. Pertama, melihat pada sumber daya yang berdampak pada biaya yang dikeluarkan. Kedua, adalah dengan melibatkan sumber daya yang tak diperlukan.

Pada Cloud FinOps, Anda bisa menggunakan metrik yang terhubung dengan Recommendation Hub. Di mana fitur tersebut dapat melihat tools mana yang bisa dipilih sesuai kebutuhan untuk meningkatkan kinerja dan membantu optimalisasi. Dengan mengetahui rekomendasi tersebut, setidaknya tim IT perusahaan dapat memperkirakan biaya  yang dikeluarkan nantinya.

  • Metrik Perencanaan Keuangan

Perencanaan keuangan juga tak kalah penting dalam memperkirakan biaya yang dikeluarkan untuk operasional Cloud yang digunakan. Perencanaan keuangan untuk kebutuhan Google Cloud harus dilakukan secara berkala. Setidaknya dalam waktu satu bulan.

Tak hanya melihat perencanaan saja, fungsi dari metrik ini juga bisa digunakan sebagai bahan untuk evaluasi mengenai penggunaan tools dan platform IT yang digunakan. Sebab, dalam cloud computing memiliki variabel yang berbeda-beda.

  • Metrik Akselerator

Photo: Brink News

Selanjutnya adalah metrik akselerator. Metrik ini biasanya digunakan untuk melihat penggunaan FinOps guna mendapatkan keuntungan yang optimal. Adanya metrik Tools & Accelerators ini memungkinkan pengguna untuk melihat mana saja platform yang dapat diotomatisasi dan dapat mengurangi biaya pengeluaran.

Dalam melihat metrik akselerator, Recommendation Hub menjadi pilihan tepat. Khususnya bila Anda menggunakan tools unggulan seperti Google Cloud Console. Tak hanya itu saja, untuk mendukung kelancaran perusahaan Anda bisa menggunakan tools yang terintegrasi dengan API.

  • Metrik Akuntabilitas

Cloud FinOps dapat pula Anda gunakan untuk mengukur metrik akuntabilitas penggunaan Google Cloud. Tujuan dari metrik ini adalah untuk membantu akselerasi finansial bagi sebuah organisasi perusahaan. Oleh karena itu, Google Cloud menyarankan para penggunanya untuk mengadopsi Cloud Enablement % sebagai standar metrik dari pilar akuntabilitas dan memudahkan tim IT maupun para petinggi perusahaan dalam membaca data.

Sebab, tanpa adanya pengetahuan yang cukup maka proses perhitungan metrik menggunakan Cloud FinOps cukup sulit dilakukan. Misalnya saja menggunakan metode prinsip Pareto 80/20. Atau dengan menggunakan FinOps Foundation untuk lebih baik dalam mengetahui proses penggunaan metrik akuntabilitas.

  • Metrik Pengukuran dan Realisasi

Terakhir adalah metrik pengukuran dan realisasi. Untuk melakukannya, Anda perlu melakukan proses penandaan sebuah produk dan platform. Tujuannya untuk memudahkan dalam melakukan proses audit. Secara umum, dalam perhitungan metrik ini ada tiga tipe pada sumber daya cloud.

Pertama, tandai bagian penting seperti komputer, database, dan media penyimpanan. Kedua, Anda juga perlu untuk menandai sumber daya lainnya yang berhubungan dengan proses bisnis perusahaan. Ketiga, menggunakan metode alokasi P&L secara tradisional apabila proses penandaan secara otomatis tidak bisa dilakukan.

Penutup

Photo: Khyber Academy

Setidaknya itulah lima jenis metrik utama dalam mengukur dampak Cloud FinOps di Google Cloud pada organisasi Anda. Jika Anda ingin menggunakan layanan Google Cloud premium sesuai kebutuhan, sebaiknya pilih vendor yang sudah terpercaya. Salah satunya adalah EIKON Technology yang memiliki lisensi resmi dari Google pusat dalam menjual berbagai macam platform bagi para pengguna di Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa hubungi kami di sini. Selain mendapatkan produk berkualitas, juga ada layanan after sales yang ditawarkan untuk memberikan kenyamanan kepada para pengguna.

Selamat mencoba!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments