EIKON TECHNOLOGY BLOG

Yuk Kenalan dengan Freshservice! Modernkan Manajemen Layanan IT Perusahaan Anda

manajemen layanan it freshservice

Seberapa penting IT Service Management untuk perusahaan Anda?

Anda pasti sudah mengetahui bahwa masalah-masalah IT perlu memiliki sistem penanganan khusus. IT Service Management menghadirkan solusi yang tepat dengan cara mengelola proses-proses manajemen insiden, pemenuhan layanan IT, serta manajemen perubahan melalui service desk.

IT Service Management atau bisa disebut Manajemen Layanan IT adalah kumpulan proses yang memungkinkan IT untuk dapat merancang, membuat, mengirim, mendukung dan mengelola layanan IT.

Manajemen layanan IT dibuat berdasarkan konsep IT yaitu bahwa IT adalah sebuah layanan. Layanan IT yang dimaksud disini adalah segala hal yang dikonsumsi oleh para pengguna informasi teknologi itu sendiri, karyawan, maupun pelanggan.

IT Service Management yang disingkat menjadi ITSM bertujuan agar informasi teknologi dapat berjalan dengan baik dan lancar untuk :

  • Operasional bisnis
  • Para karyawan
  • Para pelanggan dan
  • Departemen IT itu sendiri

Sedangkan, proses Manajemen Layanan Teknologi Informasi meliputi :

  1. Manajemen Insiden ( berkaitan dengan permasalahan IT, yang biasanya dikelola melalui helpdesk atau service desk)
  2. Pemenuhan Layanan IT (berkaitan dengan permintaan dan penyediaan layanan IT melalui helpdesk atau service desk)
  3. Manajemen perubahan (memastikan bahwa perubahan-perubahaan pada ekosistem IT terkendali, untuk mengurangi dan mempercepat prosesnya)

Salah satu implementasi dari Manajemen Layanan IT adalah dibuatnya IT Service Desk software. Maka, kami memperkenalkan Freshservice kepada Anda, para IT sebagai sebuah solusi penerapan IT Service Management di perusahan Anda. IT service desk berfungsi sebagai sebagai titik utama keterlibatan pengguna dan organisasi.

Freshservice adalah IT service desk berbasis cloud yang bertujuan untuk mengelola insiden, change management, release management, dan asset di perusahaan dimanapun dan kapanpun.

Jadi, jika perusahaan Anda mengalami masalah seperti :

  • Service desk software yang sulit untuk dikustomisasi
  • Kurangnya produktivitas kinerja agen
  • Sulit untuk menjaga bisnis terus berkembang dengan sumber daya terbatas
  • Memerlukan efisiensi yang lebih besar akibat ketergantungan pada pekerjaan manual
  • Rendahnya kepuasan pelanggan akan layanan perusahaan
  • Teknologi ITSM yang payah, sulit untuk dikustom
  • Ingin meningkatkan persepsi perusahaan tentang dukungan dan layanan IT

Maka, Freshservice menjawab dan menyelesaikan berbagai permasalahan Anda di atas. Bagaimana Freshservice menghadirkan teknologi modern IT service desk? Simak fitur-fitur Freshservice dan lihat apa saja manfaat yang akan perusahaan Anda nikmati.

Fitur-fitur Freshservice :

1. Buat Sebuah Resolusi Cerdas untuk IT, Pelanggan, dan Karyawan dengan Manajemen Insiden Modern

Pada tab “Ticket” menampilkan semua daftar informasi tiket (baik tiket insiden maupun permintaan layanan). Untuk mengaksesnya Anda dapat dengan mudah klik salah satu tiket dan dapatkan informasi detailnya. Anda dapat menambahkan catatan, meneruskan, dan membalas tiket. Pada fitur canned response, Anda dapat menjawab query berulang dengan template jawaban yang telah tersedia. Ini akan sangat menghemat waktu Anda.

Anda dapat membuat, menambahkan, dan mengelola knowledge base sebagai solusi mandiri untuk pelanggan Anda. Anda pun memiliki kewenangan untuk menjadikannya private hanya digunakan oleh agen/pihak internal.

incident management freshservice

 

2. Pantau Semua Inventaris Anda dengan Manajemen Asset Freshservice

Dalam manajemen asset Freshservice tersedia berbagai fitur inventory management, contract management, auto asset discovery, software licence management, dan configuration management. Anda dapat mengelola, melacak, dan mengevaluasi semua inventaris Anda baik software maupun hardware dengan mudah. Dengan pengelolaan yang baik, Anda dapat menghindari kerugian dan merencanakan pembelian inventaris melalui informasi asset lifecycle pada Freshservice.

asset management freshservice

3. Berikan Pengalaman Yang Memudahkan Karyawan Memperoleh Layanan Tepat dengan Portal Service Catalog

Dengan portal katalog layanan, saat karyawan melakukan permintaan layanan mereka seakan-akan sedang membeli sebuah layanan. Ini akan mengotomatiskan dan menyederhanakan proses permintaan karyawan dan mengindari kesalahan. Misal, Mike adalah karyawan departemen Design membutuhkan versi terbaru dari Adobe Creative Cloud. Mike cukup mengunjungi portal katalog layanan, memilih aplikasi tersebut dan klik request now. Maka, proses permintaan dan pemenuhan akan otomatis terbentuk secara otomatis.

service catalog freshservice

4. Tingkatkan Kinerja Agen dengan Fitur Gamification

Terdapat fitur gamification, dimana agen dengan kinerja terbaik akan muncul pada kolom Leaderboard. Ini akan memotivasi agen lain meningkatkan produktivitasnya. Anda pun dapat membuat “Quests” untuk setiap tugas, layaknya bermain game. Sehingga, mengerjakan tugas tidak membosankan seperti biasanya.

gamification freshservice

5. Analisa, Rencanakan, dan Sebarkan Perubahan dengan Nyaman pada Fitur Problem, Change, and Release Management

Dengan Freshservice manajemen masalah dapat mengurangi hingga 40% terjadinya insiden pada helpdesk Anda. Ini akan membantu perusahaan Anda meminimalkan resiko gangguan pada bisnis.

Anda dapat dengan mudah merencanakan pembuatan, pengujian, dan mengurangi risiko menggunakan data yang telah disediakan dan mengubah modul manajemen. Semua orang akan mendapatkan update informasi yang sama mengenai penetapan tanggal mulai dan berakhirnya perencanaan.

problem, change dan release management freshservice

6. Akses dan Selesaikan Tugas Dimanapun dan Kapanpun dengan Mobile Application Freshservice

Dengan aplikasi mobile dari Freshservice, tim dapat mengakses, mendelegasikan, dan menyelesaikan tiket meskipun agen tidak menghadap desktop komputer. Fitur ini akan membantu para manajer mengelola permintaan approval ‘persetujuan’ di kotak masuk mereka. Setiap terjadi permintaan maka secara otomatis manajer mendapatkan notifikasi. Hanya dengan hitungan detik permintaan dapat disetujui atau ditolak dimanapun dan kapanpun manajer berada. Ini akan sangat membantu tim Anda bekerja lebih cepat, efisien, tanpa penundaan.

mobile app freshservice

7. Optimalkan Pekerjaan Anda dengan Mengintegrasikan Freshservice dengan Aplikasi Lain

Freshservice didukung dengan integrasi dengan aplikasi lain. Alih-alih berdiri sebagai software tersendiri, Freshservice menawarkan kemudahan untuk menyesuaikan ekosistem bisnis Anda dengan mengintegrasikan aplikasi bisnis populer lainnya.

integerated application freshservice

 

Jadi, bagaimana pendapat Anda mengenai Freshservice?
Saya yakin Anda pasti tertarik dengan kemudahan dan kesederhanaan yang ditawarkan Freshservice untuk memodernkan cara Anda bekerja. Menerapkan IT Service Management tak lagi membosankan dan rumit secara manual. Berikan kepuasan pelanggan, karyawan, tim IT Anda dengan semua manfaat yang ada di dalam IT service desk, Freshservice.

EIKON Technology sebagai Local Partner Freshworks siap melayani Anda untuk membantu mempersiapkan akun Freshservice Anda dengan mudah. Hubungi konsultan  IT kami sekarang juga untuk mengkonsultasikan masalah di perusahaan Anda. Dan kami akan selalu siap membantu.




Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of