7 Cara Meningkatkan Perlindungan Privasi Data & Informasi Rahasia

 

Dewasa ini kita semakin tak lepas dengan kegiatan online seperti komunikasi melalui email dan chatting, berbelanja, traveling, atau bahkan sekedar mencari berita terbaru. Jaman yang semakin global, seolah menciptakan dunia tanpa batas. Lalu bagaimana dengan informasi rahasia Anda, bagaimana menjaga perlindungan privasi agar tetap aman ketika melakukan kegiatan online?

Tingkatkan Kesadaran Akan Perlindungan Privasi

Dari sekian banyak pelaku online di Indonesia, sebagian besar rupanya masih kurang memperhatikan keamanan informasi rahasia yang bersifat privasi seperti data kegiatan online yang dilakukan, identital sosial, nomor telepon, alamat, bahkan nomor kartu kredit, yang seringnya menjadi bahan kejahatan cyber oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab. Karena itulah, kita harus mengetahui cara-cara untuk memberi perlindungan privasi dan informasi rahasia dari setiap kegiatan online yang kita lakukan.

Aktivitas online dari tiap pengguna biasanya dilakukan dari beberapa device seperti komputer dan smartphone. Pemakaian rutin dari beberapa perangkat yang terkoneksi ke internet inilah yang justru rawan terjadinya kebocoran data personal karena kita cenderung lebih familiar dalam menginput data, tanpa memastikan keamanannya terlebih dahulu.

Keamanan data dan informasi rahasia Anda harus jadi yang utama

Data pribadi yang bocor biasanya diperjualbelikan kepada pihak ketiga yang tidak bisa dipertanggung-jawabkan. Contoh konkritnya bisa Anda lihat dari maraknya email spam berbahaya yang masuk ke inbox anda, penipuan atau pembobolan kartu kredit, penyadapan aktivitas dan data, dan semacamnya. Berkaca dari tindak kejahatan inilah kenapa kita harus meningkatkan kesadaran akan pentingnya perlindungan privasi terhadap informasi rahasia kita.

Meningkatkan perlindungan privasi bisa dimulai dengan menerapkan hal-hal berikut:

  • Pastikan browser Anda menggunakan protokol HTTPS untuk komunikasi yang lebih aman.
  • Rutin melakukan pemerikasaan pengaturan keamanan dan privasi pada setiap media sosial yang digunakan. Pastikan Anda memahami fungsi tiap pengaturan tersebut.
  • Selalu gunakan password dengan kombinasi angka dan huruf besar.
  • Berhati-hatilah saat menggunggah foto dan scan dokumen online seperti kartu identitas, tiket, dan dokumen penagihan. Usahakan untuk tidak berbagi informasi mengenai keberadaan dan jadwal perjalanan di aktivitas online Anda. Informasi tersebut dapat digunakan oleh penjahat siber untuk melakukan perampokan pada saat rumah Anda kosong.
  • Berhati-hatilah dalam menggunakan Wi-Fi umum. Mungkin terlihat aman, namun Anda tidak bisa memastikannya,bukan? Hacker bisa saja membuat jaringan serupa melalui laptop dan adaptor Wi-Fi untuk mencegat login dan password pengguna yang menggunakan jaringan palsu tersebut untuk terhubug ke internet.
  • Jangan dengan mudah mencantumkan atau menuliskan data pribadi seperti nomor telepon, alamat, dan email utama yang terkoneksi ke banyak situs penting lainnya, pada tampilan profil atau kolom komentar yang bisa dibaca banyak orang. Lakukanlah pada ruang yang aman seperti direct message.
  • Pada saat mengisi data pada suatu situs, pastikan terlebih dahulu bahwa situs tersebut memiliki kebijakan privasi yang memastikan data pribadi Anda terlindungi dengan aman pada situs tersebut. Pelajari juga poin-poin yang terkandung pada kebijakan tersebut sebelum menyetujui nya.

Pastikan bisnis atau perusahaan Anda telah memiliki layanan software yang memiliki standar keamanan internasional

Hal ini tentunya tidak hanya berlaku bagi pengguna perseorangan, namun juga untuk perusahaan yang mungkin kasusnya bisa menjadi lebih kompleks. Untuk menghindari hal tersebut, pastikan perusahaan menggunakan layanan yang memiliki lisensi asli dan memenuhi standarisasi keamanan internasional terbaru seperti ISO/IEC 27018, SOC 1/2/3, Payment Card Industry Data Security Standard (PCI DSS). Hal ini untuk memastikan perusahaan memiliki otorisasi penuh terhadap data-data yang digunakan dalam layanan tersebut tanpa intervensi dari siapapun.

Belum memiliki layanan yang memberikan keamanan data perusahaan secara maksimal? Mungkin sekarang saatnya Anda beralih ke teknologi cloud yang memberikan berbagai benefit untuk bisnis seperti:

  • Fleksibilitas untuk menunjang pekerjaan dengan mobilitas tinggi dan peningkatan produktivitas di lingkungan kerja.
  • Kemudahan sistem operasi yang berbasis subscription (berlangganan) sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk licensing dan ownership cost.
  • Keamanan data pada cloud yang lebih terjamin dibandingkan penyimpanan fisik yang rentan hilang, corrupt, atau kena virus.

EIKON Technology sebagai Premier G Suite Reseller Indonesia bisa membantu bisnis dan perusahaan Anda untuk beralih ke inovasi teknologi terkini dari Google untuk membantu Anda meningkatkan bisnis yang lebih aman dan kompetitif menggunakan layanan G Suite.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of