Fitur Background Google Meet: Mudahkan Administrator Sediakan Gambar Latar End-user

Pernah terlibat dalam sebuah online meeting atau webinar yang mengharuskan Anda untuk memasang background khusus? Atau mungkin Anda ingin menyesuaikan gambar background online meeting dengan tema yang sudah ditentukan oleh panitia rapat? Dengan pembaruan Google Meet, semuanya bisa dilakukan dengan mudah. Mari simak ulasannya berikut.

Fitur penggantian background Google Meet

Photo Credit: Google Workspace Updates

Memiliki gambar background atau latar belakang yang sesuai dengan branding perusahaan Anda akan membuat rapat menjadi lebih berwarna. Hal ini juga akan menumbuhkan rasa kedekatan pada brand perusahaan Anda.

Baca juga: Peningkatan Kualitas Virtual Meeting saat Bergabung dengan Virtual Machine

Google Meet baru saja meluncurkan pembaruan melalui fitur background replace. Dengan fitur ini, administrator Workspace di tempat Anda bekerja dapat menyediakan sekumpulan gambar untuk mengganti background pengguna secara otomatis. Ini memungkinkan pengguna untuk dengan mudah memilih gambar yang secara tepat mewakili brand dan gaya khusus perusahaan.

Baca juga: Peningkatan Fitur Aksesibilitas Perangkat Google Meet Hardware

Mulai menggunakan fitur

Photo Credit: Google Workspace Updates

Sebelum memulai, jika Anda ingin menerapkan setelan khusus bagi pengguna tertentu, tempatkan akun mereka di organizational unit (agar bisa ditetapkan menurut divisi mereka) atau configuration group (agar bisa ditetapkan bagi pengguna di seluruh atau di dalam divisi). Selanjutnya, administrator Workspace dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke konsol Google Admin Anda.
  2. Di konsol Admin, buka Menu > Apps > Google Workspace > Google Meet.
  3. Klik Meet video settings.
  4. Untuk menerapkan setelan ke semua orang, biarkan organizational unit (OU) teratas dipilih. Jika tidak, pilih OU turunan atau configuration group.
  5. Klik Visual effects.
  6. Jika Anda ingin mengizinkan pengguna mengganti latar belakang mereka dengan gambar atau menggunakan gaya, centang kotak Users can replace their background with an image. Jika Anda mengaktifkan setelan ini, bahkan orang luar dapat mengganti latar belakang mereka selama rapat yang diselenggarakan oleh perusahaan Anda.
  7. Anda juga dapat memilih satu atau beberapa opsi berikut:
  8. Users can replace their background with custom images they provide themselves: Memungkinkan pengguna menggunakan gambar kustom mereka sendiri di rapat Meet. Gambar tidak akan tersedia untuk digunakan peserta lain. Jika Anda mengaktifkan setelan ini, bahkan orang luar dapat mengganti latar belakang mereka dengan gambar kustom selama rapat yang diselenggarakan oleh perusahaan Anda.
  9. Users can replace their background with stock seasonal images: Memungkinkan pengguna memilih gambar latar musiman yang disediakan Google, sering kali terkait dengan hari peringatan.
  10. Users can replace their background with a custom image provided by you: Memungkinkan pengguna untuk memilih gambar yang Anda berikan. Anda dapat membuat label untuk setiap gambar yang disediakan bagi screen readers.
  11. Jika Anda ingin mengizinkan pengguna menggunakan filter yang disediakan oleh Google, centang kotak Users can use special effects.
  12. Klik Save. Jika mengonfigurasi OU atau grup, tersedia opsi untuk Inherit atau Override OU induk atau Unset setelan grup.

Perubahan mungkin memerlukan waktu hingga 24 jam, tetapi biasanya terjadi lebih cepat.

Ketersediaan fitur

Photo Credit: Google Workspace Updates

Fitur baru background Google Meet ini dirilis serentak pada tanggal 14 Maret 2023, baik itu untuk domain rilis cepat maupun domain rilis terjadwal.

Fitur tersedia bagi seluruh pelanggan Google Workspace, termasuk bagi mereka yang masih berlangganan rangkaian produktivitas G Suite Basic dan G Suite Business.

Baca juga: Perluasan Kapabilitas Noise Cancellation di Google Meet, Seperti Apa?

Dengan adanya fitur baru ini, administrator bisa dengan mudah menyimpan gambar background untuk digunakan oleh end-user selama virtual meeting berlangsung. Pengguna pun bisa menambahkan gambar sesuai dengan keinginan mereka lebih mudah dan lebih cepat.

Fitur background Google Meet ini tersedia bagi seluruh pelanggan Google Workspace. Nah, bagi Anda yang belum berlangganan, EIKON Technology menyediakan Workspace for Business yang dirancang khusus untuk penggunaan di perusahaan dan Workspace for Education untuk institusi pendidikan. Kami menyediakan solusi resmi, bergaransi, dengan implementasi yang menyeluruh. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments