Material Security: Perusahaan Keamanan Email yang Didukung Skalabilitas BigQuery

Email kini bukan sekadar alat komunikasi elektronik. Banyak perusahaan yang mengandalkan email sebagai sebuah sistem penyimpanan untuk laporan keuangan, dokumen hukum, dan bahkan catatan personalia. Dari operasi sehari-hari hingga komunikasi klien dan karyawan, email masih tetap relevan sebagai komunikasi digital.

Namun sayangnya email juga punya kelemahan. Bisa dibilang, email adalah sumber risiko yang paling umum dan target yang disukai oleh penjahat siber. Banyak pendekatan keamanan email yang berusaha membuatnya lebih aman dengan memblokir email berbahaya, tapi masih membiarkan data di kotak surat tidak terjaga saat muncul pelanggaran.

Material Security mengambil pendekatan berbeda. Dengan asumsi bahwa pelaku kejahatan sudah memiliki akses ke kotak surat, perusahaan keamanan email tersebut mencoba mengurangi tingkat pelanggaran dengan memberikan perlindungan tambahan untuk email sensitif. Seperti apa?

Material: Solusi keamanan email yang dibangun dengan BigQuery

Dengan fokus utama untuk meningkatkan keamanan email, Material Security terus mengembangkan solusi yang dapat mengurangi tingkat pelanggaran. Salah satunya bisa Anda rasakan pada fitur Leak Prevention yang ada di Material. Fitur tersebut menemukan dan menyunting konten sensitif dalam arsip email, tapi menyediakan opsi untuk dipulihkan dengan langkah autentikasi sederhana bila diperlukan. Fitur lainnya meliputi:

  • ATO Prevention: menghentikan penyerang menyalahgunakan email pengaturan ulang kata sandi untuk membajak layanan lain.
  • Phishing Herd Immunity: otomatisasi respons tim keamanan terhadap laporan phishing karyawan.
  • Visibility and Control: menyediakan analisis risiko, pencarian real-time, dan alat lain untuk analisis dan manajemen keamanan.

Produk Material dapat pada penyedia email cloud mana pun, dan memungkinkan pelanggan mempertahankan kontrol data dengan model penerapan penyewa tunggal.

Baca juga: Update Google Workspace untuk Cegah Email Phishing

Mendukung aplikasi SaaS berbasis data dengan Google BigQuery

Email pada dasarnya merupakan kumpulan data besar yang tidak terstruktur. Itu berarti, untuk melindunginya perlu pemrosesan data dalam jumlah besar dengan cepat, suatu hal yang identik dengan data warehouse BigQuery dari Google Cloud. BigQuery sendiri dipilih karena dinilai sangat cepat dan sangat skalabel. Cara kerjanya pun sejalan dengan pendekatan keamanan Material.

BigQuery menyediakan platform lengkap untuk analisis data skala besar di dalam Google Cloud, mulai dari penyerapan, pemrosesan dan penyimpanan data yang disederhanakan, analisis yang andal, AI/ML, serta kemampuan berbagi data. Bersama-sama, kemampuan ini menjadikan BigQuery sebagai platform analisis keamanan andal yang diaktifkan melalui model penerapan unik Material.

Photo Credit: Rawpixel

Setiap pelanggan mendapatkan proyek Google Cloud mereka sendiri, dilengkapi dengan data warehouse BigQuery yang penuh dengan data yang dinormalisasi di seluruh jejak email mereka. Tim keamanan dapat menanyakan warehouse secara langsung untuk mendukung penyelidikan internal dan membuat pelaporan kustom dan real-time, membangun dan memelihara infrastruktur skala besar tanpa beban.

Solusi Material beresonansi dengan pelanggan dari berbagai bidang termasuk perusahaan terkemuka seperti Mars, Compass, Lyft, DoorDash, dan Flexport.

Baca juga: 8 Tips Memilih Email Hosting yang Teraman dan Terpercaya

Built with BigQuery

Photo Credit: Rawpixel

Material merupakan perusahaan keamanan yang mengedepankan pemikiran inovatif, desain yang terampil, dan eksekusi strategis. BigQuery merupakan bagian dasar dari kesuksesan Material. Meniru formula ini pun kini lebih mudah bagi ISV melalui layanan Built with BigQuery yang diumumkan pada event Google Data Cloud Summit April lalu.

Dengan Built with BigQuery, Google membantu perusahaan teknologi seperti Material membangun aplikasi inovatif di cloud data Google dengan akses yang disederhanakan ke teknologi, dukungan teknis yang membantu dan berdedikasi, serta program go-to-market bersama. Perusahaan yang berpartisipasi dalam Built with BigQuery dapat:

  • Mulai cepat dengan sandbox yang telah dikonfigurasi sebelumnya dari Google.
  • Percepat desain dan arsitektur produk dengan akses ke pakar yang ditunjuk dari ISV Center of Excellence. Mereka akan memberikan wawasan tentang kasus penggunaan utama, pola arsitektur, dan bahkan praktik terbaik.
  • Meningkatkan kesuksesan dengan program pemasaran bersama untuk mendorong kesadaran, menambah permintaan, dan meningkatkan adopsi.

Baca juga: Membuat Email dengan Domain Sendiri? Begini Caranya!

Selain Material Security, Google Cloud sendiri sebenarnya sudah memiliki sistem keamanan yang komprehensif. Untuk penggunaan skala besar, admin dapat mengatur keamanan, terutama dari segi akses melalui Google Cloud Console. Email native Google, Gmail pun telah dibekali dengan keamanan andal yang meminimalisir risiko kejahatan siber.

Google memang menawarkan solusi yang komprehensif untuk aspek TI perusahaan. Bagi Anda yang ingin mengembangkan perusahaan dengan dukungan teknologi, Google adalah pilihan tepat. Misalnya untuk komputasi awan, Anda bisa mengandalkan Google Cloud. Solusi ini bisa Anda dapatkan melalui EIKON Technolgy, authorized reseller Google untuk Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut, silakan klik di sini.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments