Meningkatkan Kemampuan Komputasi Awan dengan Google Cloud Skill Badges

 Sekarang ini dunia telah memasuki era digitalisasi. Semua orang bisa saling terhubung tanpa harus berada di satu tempat yang sama. Pekerjaan pun kini bermigrasi ke ekosistem cloud seperti Google Cloud.  Meski begitu, sebuah penelitian yang dilakukan McKinsey Digital justru menemukan bahwa 61% HRD percaya bahwa mempekerjakan developer akan menjadi sebuah tantangan terbesar di masa mendatang.

Pasalnya, meski sekarang jumlah developer sudah makin banyak, yang kompetisinya sesuai masih sulit untuk ditemukan. Berangkat dari alasan tersebut, sebaiknya para developer mengembangkan portofolio dan meningkatkan skill mereka. Sekadar memiliki skill saja tidak cukup. Skill tersebut juga harus dapat divalidasi agar dapat terus berkembang sesuai dengan teknologi dan lanskap bisnis yang berubah dengan cepat.

Itu sebabnya Google Cloud kemudian meluncurkan platform Skill Badges. Lewat program tersebut, pengguna dapat mengasah skill mereka dalam bidang komputasi awan. Bagaimana cara kerjanya?

Apa itu Google Cloud Skill Badges

Skill Badges merupakan sebuah kredensial mikro yang dikeluarkan untuk menunjukkan kompetensi dan komitmen terkait komputasi cloud. Program ini juga mendukung Anda untuk terus mengikuti solusi dan produk Google Cloud terbaru

Keterampilan Google Cloud tersedia secara luas di market cloud. Jika ditotal, setidaknya ada lebih dari 765.000 sertifikasi teknis dan lencana aktif yang bisa Anda peroleh. Untuk setiap skill dan keahlian cloud yang dikuasai, Anda akan mendapat lencana eksklusif. Lencana tersebut dapat dibagikan dan dipasang di resume sebagai bukti dari kemampuan cloud yang sudah Anda kuasai.

Baca juga: 5 Hal yang Harus Diperhatikan saat Mendesain Jaringan Cloud

Cara mendapatkan Skill Badges

Untuk mendapatkan Skill Badges sebenarnya sangat simpel. Bahkan, layanan ini bisa Anda coba secara gratis melalui Google Cloud Platform. Berikut langkah-langkahnya:

  • Masuk ke halaman Google Cloud Platform kemudian isi formulir yang tersedia.
  • Setelah terdaftar, Anda bisa langsung memilih quest sesuai keahlian yang ingin dikuasai.
  • Tiap quest akan berisi panduan yang bisa Anda pelajari. Menjelang berakhirnya quest, akan muncul challenge lab untuk membuktikan pemahaman dan kemampuan Anda.
  • Jika berhasil menyelesaikan challenge lab Anda akan otomatis mendapatkan skill badge.
  • Bagikan skill badge di media sosial atau resume Anda.

Baca juga: Menggunakan Network Connectivity dari Google Cloud untuk Kelola Beragam Jaringan

Google Cloud Skill Badge untuk meningkatkan peluang karier

Photo Credit: Rawpixel

Badge keahlian ini telah terbukti mampu meningkatkan “nilai jual” SDM. Setidaknya ini telah berhasil dibuktikan. Dalam sebuah studi global yang dilakukan oleh Gallup.

Studi tersebut menemukan bahwa pemilik skill badges merasa lebih lengkap dan siap dengan berbagai keterampilan yang diperoleh melalui pencapaian dari Skill Badges. Mereka pun lebih percaya diri dengan keterampilan cloud, bersemangat untuk mempromosikan keterampilan ke jaringan profesional mereka, dan mampu memanfaatkan skill badges untuk mencapai tujuan pembelajaran di masa mendatang, termasuk sertifikasi Google Cloud.

Dalam studi Gallup tersebut diketahui bahwa:

  • 87% pengguna setuju Skill Badges memberi pengalaman cloud langsung di dunia nyata.
  • 86% pengguna setuju bahwa Skill Badges membantu membangun kompetensi cloud mereka.
  • 82% pengguna setuju Skill Badges membantu menunjukkan keterampilan cloud yang berkembang.
  • 90% pengguna setuju bahwa Skill Badges membantu dalam perjalanan sertifikasi Google Cloud.
  • 74% berencana untuk menyelesaikan sertifikasi Google Cloud dalam enam bulan ke depan.

Baca juga: Mempercepat Pemeriksaan Sistem dengan Pelacakan Beban Kerja Google Cloud

Google Cloud tidak sekadar menghadirkan solusi komputasi awan yang canggih dan skalabel, tapi juga membangun sebuah ekosistem yang berkembang. Anda sebagai pengguna pun bisa turut terlibat dalam perkembangan tersebut. Salah satu caranya adalah melalui program Skill Badges ini. Lencana yang Anda peroleh nantinya dapat digunakan untuk meningkatkan resume maupun portofolio atau dengan kata lain, menambah “nilai jual” Anda di mata perusahaan.

Selain Skill Badges Google Cloud juga memiliki berbagai fitur, layanan, dan kapabilitas yang menanti untuk Anda eksplor lebih lanjut. Temukan lebih banyak peluang dengan menerapkan solusi komputasi awan. EIKON Technology sebagai authorized reseller Google menyediakan paket berlangganan yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Silakan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments