Memanfaatkan ADI untuk Integrasi JumpCloud ke Active Directory

Active Directory ® (AD) Bridge adalah sebuah tool yang memungkinkan Anda untuk menggunakan AD sebagai sumber identitas resmi, sekaligus memperluas penggunaannya pada sistem, aplikasi, maupun protokol yang tidak bisa dikelola secara langsung, serta memodernisasi kontrol akses. Terkadang solusi ini juga disebut sebagai ekstensi AD atau cloud identity bridge.

AD Bridge memiliki integrasi khusus dengan JumpCloud yang disebut Active Directory Integration (ADI). Ini memungkinkan identitas diterapkan ke resources yang tidak terikat AD melalui platform open directory JumpCloud. Lalu, bagaimana cara mengintegrasikannya?

Integrasi Active Directory dan JumpCloud

Photo Credit: JumpCloud Blog

Poin-poin berikut akan menjelaskan cara mengintegrasikan AD dan JumpCloud dalam tiga langkah. Mari simak bersama.

  • Persiapkan Agent Installation di AD

Langkah pertama dalam menggunakan ADI adalah mengidentifikasi pengontrol domain AD (atau server anggota) tempat ADI Sync Agents akan diinstal. Kasus penggunaan Anda akan menentukan agen mana yang diperlukan, arah sinkronisasi, dan direktori mana yang berfungsi sebagai otoritas.

Photo Credit: JumpCloud Blog

Menginstal agen di setiap DC memastikan penyebaran kata sandi teridentifikasi dengan benar dan kemudian dikirimkan secara aman ke JumpCloud. Layanan Sync Agent menggunakan TLS untuk semua komunikasi dan traffic keluar (hanya) ke console.JumpCloud.com. ADI mendukung alur kerja multi-domain sebagai jalur migrasi.

Baca juga: Cara Mengintegrasikan Active Directory dengan JumpCloud

  • Buat ADI Instance di JumpCloud

Photo Credit: JumpCloud Blog

Langkah selanjutnya adalah membuat ADI Instance baru, dengan mengikuti petunjuk dari panduan konfigurasi Anda. Hal ini dilakukan melalui bilah Directory Integrations di portal admin JumpCloud. Anda akan dipandu untuk memilih kasus penggunaan dan selanjutnya mengunduh Import Agent dan/atau Sync Agent. Akan ada langkah-langkah penginstalan dan pasca-instalasi yang harus diikuti untuk memulai layanan dan mengonfigurasi agen.

Baca juga: Membandingkan ManageEngine dan Kaseya Sebagai Platform Mobile Device Management

  • Menggunakan dan mengelola AD Bridge

Setelah agen AD bridge diinstal ke pengontrol domain (atau server anggota) dan dikonfigurasi, makan akan secara otomatis terkoneksi ke JumpCloud. Anda dapat menetapkan subset yang memerlukan akses ke sumber daya cloud atau pengelolaan perangkat.

Baca juga: Mengintegrasikan Active Directory dengan Perangkat Linux

Solusi Active Directory Bridge JumpCloud, ADI, memudahkan untuk memperluas maupun memodernisasi identitas yang dikelola Microsoft AD dalam melakukan autentikasi dengan sumber daya berbasis cloud dan non-Windows yang tidak didukung langsung oleh AD. ADI juga menyediakan manajemen perangkat lintas OS, manajemen lifecycle Tingkat lanjut, dan autentikasi modern untuk membangun kembali kontrol akses kuat yang pernah dimiliki AD.

Jika Anda tidak memiliki direktori atau memiliki investasi terbatas pada AD yang ada, mungkin lebih masuk akal untuk melakukan transisi sepenuhnya ke direktori berbasis cloud dan JumpCloud memiliki sumber daya yang pas untuk kebutuhan tersebut.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana integrasi Active Directory dan JumpCloud dapat bermanfaat bagi perusahaan Anda, silakan hubungi kami di EIKON Technology. Kami mengundang Anda untuk uji coba JumpCloud secara gratis di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments