Menambahkan Anotasi di Google Slides Kini Jadi Makin Mudah dengan Pen Tool

Google Slides baru saja meluncurkan sebuah fitur yang memungkinkan pengguna untuk menyorot atau menekankan konten tertentu saat melakukan presentasi. Fitur tersebut berupa sebuah pen tool yang dapat Anda manfaatkan untuk berbagai keperluan. Mari simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Pen tool Google Slides

Photo Credit: Google Workspace Updates

Dengan pen tool baru dari Google Slides ini, Anda dapat melingkari, menggarisbawahi, menggambar koneksi antar elemen presentasi, hingga membuat catatan singkat langsung di halaman presentasi. Baik dalam rapat dewan atau sesi brainstorming bersama tim, tambahan anotasi seperti ini dapat membantu membuat presentasi Anda lebih mudah dipahami, menarik, interaktif, dan bermanfaat.

Baca juga: Peningkatan Fitur Suara Google Workspace untuk Docs Dan Slides

Mulai menggunakan pen tool

Fitur terbaru dari Google Slides ini tidak memerlukan pengaturan tambahan apa pun dari administrator. Itu artinya, end-user dapat langsung menggunakannya dalam presentasi mereka.

Untuk mulai menambahkan anotasi dengan pen tool Google Slides, buka slideshow mode dengan klik tombol Slideshow yang berada di appbar. Selanjutnya, geser kursor ke sisi kiri viewer dan klik ikon elipsis untuk membuka three-dots menu. Terakhir, pilih opsi Turn on the pen.

Jika Anda ingin menghapus anotasi presentasi, gunakan eraser tool yang ada di bagian kiri bawah menu viewer. Setelah kursor berubah menjadi eraser tool, gerakkan pada elemen anotasi yang ingin Anda hapus.

Baca juga: Kini Join Google Meet Bisa Lewat Docs, Sheets, dan Slides!

Cara memulai presentasi dengan catatan dan auto-advance slides

Presentasi dengan catatan pembicara

  1. Buka file presentasi di Google Slides.
  2. Di bagian pojok kanan atas, di samping opsi Slideshow, klik panah bawah.
  3. Klik Presenter view.
  4. Klik Speaker notes.

Presentasi dengan auto-advance slides

Auto-advance slides merupakan sebuah fitur dari Google Slides yang memungkinkan presentasi berjalan sendiri. Anda dapat mengatur slide presentasi agar diputar secara otomatis ketika:

  • Anda sedang menampilkan presentasi.
  • Seseorang mengeklik link ke presentasi yang dipublikasikan.
  • Seseorang melihat presentasi Anda yang ditampilkan di situs web.

Ketersediaan fitur

Photo Credit: rawpixel.com (Freepik)

Fitur pen tool yang memungkinkan Anda untuk menambahkan anotasi ke file presentasi Google Slides ini dirilis secara bertahap. Untuk domain rilis cepat, dilakukan perilisan yang diperpanjang (extended rollout) mulai tanggal 10 Agustus 2023 (kemungkinan akan memerlukan waktu lebih dari 15 hari untuk visibilitas fitur). Kemudian untuk domain rilis terjadwal dilakukan perilisan bertahap (gradual rollout) mulai tanggal 31 Agustus 2023 (kemungkinan memerlukan waktu hingga 15 hari ke depan untuk visibilitas fitur).

Fitur terbaru Google Slides ini tersedia untuk seluruh pelanggan Google Workspace dan pemilik Google Account pribadi.

Baca juga: Keunggulan Aplikasi Presentasi Google Slides dan Microsoft PowerPoint

Dengan memanfaatkan fitur pen tool yang baru saja dirilis Google Slides ini, Anda bisa menambahkan anotasi pada file presentasi secara mudah. Anotasi yang Anda buat pun bisa dengan mudah ditambah maupun dihapus. Semuanya hanya dengan satu fitur saja.

Selain Slides, Google Workspace juga memiliki beragam aplikasi yang siap mendukung produktivitas kerja Anda, seperti Gmail, Docs, hingga Sheets. Untuk penggunaan skala besar, Google juga telah menyediakan beberapa edisi khusus, seperti Workspace for Business (untuk kebutuhan bisnis) dan Workspace for Education (untuk institusi pendidikan). Keduanya bisa Anda dapatkan di EIKON Technology, partner resmi Workspace Indonesia. Informasi lebih lanjut mengenai implementasi, silakan hubungi kami di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments