Mencapai Observabilitas yang Lebih Baik dengan Azure Monitor

Transformasi digital kini semakin terasa. Semakin banyak perusahaan yang memigrasikan beban kerja mereka ke layanan cloud seperti Azure atau bahkan membangun aplikasi cloud-native sendiri. Namun ketika mengadopsi cloud, mereka juga harus tetap mempertahankan lingkungan kerja yang sudah ada sebelumnya. Pada tahap ini, penting untuk dapat memantau kesehatan, keamanan, dan kinerja sistem mission-critical mereka.

Observabilitas adalah praktik terbaik untuk mewujudkan manajemen yang tertata dengan baik dan efisien. Microsoft memiliki Azure Monitor, sebuah pendekatan terhadap observabilitas yang menekankan pada proses simpel. Seperti apa cara kerjanya?

Mengenal Azure Monitor

Photo Credit: Microsoft Azure Blog

Dalam proses migrasi ke cloud, monitoring adalah proses penting yang tidak boleh dilewatkan. Tujuannya tak lain adalah untuk memastikan bahwa seluruh beban kerja yang dipindahkan benar-benar telah berada dalam jaringan cloud. Akan lebih baik lagi jika monitoring dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

Azure Monitor menghadirkan kapabilitas monitoring dengan dukungan teknologi canggih. Pemantauan bisa dilakukan langsung dengan adanya sampel dan rekomendasi. Pengguna juga bisa menemukan peringatan yang efektif, kueri yang optimal, serta laporan yang dapat disesuaikan. Azure Monitor juga telah terintegrasi dengan platform data yang dirancang mampu menangani ribuan terabyte data per hari dengan andal.

Tersedia juga opsi perluasan melalui Azure Arc sehingga Anda dapat memiliki fleksibilitas untuk menjalankan aplikasi mereka di mana saja dan memantau atau mengelolanya secara efektif.

Baca juga: 4 Update Terbaru dari Microsoft Teams

Kemampuan observasi di seluruh level

  • Insight yang kaya: Anda dapat memanfaatkan visualisasi, laporan, dan alat diagnostik yang dikurasi untuk resources tertentu menggunakan insight dari Azure Monitor melalui fitur Application Insights.
  • Pelacakan terdistribusi: Pelacakan adalah pilar utama observabilitas. Dengan Azure Monitor, Anda dapat dengan mudah menghubungkan transaksi end-to-end dari aplikasi hingga dependensi ke infrastruktur. Ada beberapa tampilan topologi bawaan seperti Application Map, VM Map, dan Network Map untuk visualisasi arsitektur atau menelusuri transaksi.
  • Analisis log: Inti dari Azure Monitor adalah platform log terpusat yang menyimpan semua log di seluruh pemantauan, keamanan, dan manajemen Azure. Anda bahkan dapat mengirim log kustom, menentukan skema dan transformasi, dan memanfaatkan kekuatan penuh analitik log.

Platform yang terbuka dan dapat diperluas

Photo Credit: pressfoto (Freepik)

  • Mitra dan integrasi: Meski Azure Monitor menyediakan kemampuan pengamatan dan analitik yang kaya, pelanggan dapat memilih untuk menggunakan solusi pemantauan atau analitik apa pun yang sesuai dengan kebutuhan. Seluruh resources yang didapat dari Azure dapat diintegrasikan dengan solusi mitra seperti Datadog dan Elastic.
  • Solusi open-source: Jika Anda perlu menggunakan metrik open-source atau solusi logging bersama Azure Monitor, tersedia dukungan untuk beberapa proyek CNCF (Cloud Native Computing Foundation). Anda dapat dengan mulus mengikis metrik Prometheus untuk klaster Kubernetes dengan insight dari Container atau mengirim kustom log ke Azure Monitor.
  • Dasbor operasional: Di luar kemampuan dasbor dan pelaporan yang tersedia di Azure, Grafana menyediakan solusi visualisasi single-pane-of-glass yang sangat kaya untuk lingkungan multi-cloud.

Khusus dirancang untuk skenario mission-critical

Photo Credit: yanalya (Freepik)

  • Privasi: Azure Monitor sepenuhnya mematuhi GDPR dan tidak mengumpulkan PII secara langsung. Azure juga mendukung pembersihan data berdasarkan permintaan.
  • Keamanan: Untuk semua log di Azure Monitor, tersedia enkripsi data dengan customer-managed keys (CMK) di Azure Key Vaults. Ada lebih banyak keamanan di tingkat infrastruktur dengan enkripsi AES 256-bit. Anda dapat memanfaatkan dukungan tautan pribadi untuk terhubung dengan aman ke salah satu endpoint jaringan pribadi Anda.
  • Kepatuhan: Azure Monitor menyediakan kapabilitas untuk membantu Anda memenuhi persyaratan kepatuhan apa pun di perusahaan, industri atau geografi Anda. Anda dapat memanfaatkan log aktivitas dan log audit untuk kepatuhan keamanan dan menyimpan atau mengarsipkan data tertentu untuk jangka waktu yang lama (hingga 7 tahun) sesuai kebutuhan, dengan dukungan tambahan untuk kekekalan data (di Azure Storage).

Baca juga: Mengenal Resources dan Tools Baru Microsoft Azure untuk Implementasi AI

Tertarik untuk mulai memanfaatkan berbagai fitur dan kapabilitas yang ditawarkan Azure Monitor? Solusi ini bekerja dengan optimal pada infrastruktur cloud milik Microsoft, yakni Azure. EIKON Technology menyediakan beberapa opsi berlangganan Azure yang bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Anda juga bisa melakukan coba gratis Microsoft Azure terlebih dulu di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments