Mengintip Layanan Baru Google Cloud: Tawarkan Fleksibilitas Tinggi bagi Pengguna

Masih banyak pengguna cloud yang merasa kesulitan memprediksi resources apa yang akan mereka butuhkan di masa mendatang. Google Cloud menawarkan solusi dengan menghadirkan cara baru bagi pelanggan dalam menggunakan dan membayar layanan. Paling baru, Cloud menawarkan fleksibilitas tinggi bagi pelanggan dalam memilih dan membayar layanan yang disediakan.

Menghapus hambatan dengan Google Flex Agreements

Banyak pelanggan memilih paket berlangganan multi-year karena memudahkan dalam penganggaran. Namun paket tersebut dapat menimbulkan kesulitan bagi mereka yang tidak memiliki visibilitas jelas terhadap kebutuhan konsumsi cloud di masa mendatang. Sebagai solusi, Cloud meluncurkan Flex Agreements, yang memungkinkan pelanggan memigrasikan beban kerja mereka ke cloud tanpa komitmen di awal.

Bukan hanya itu, tahun 2022 lalu, Cloud juga meluncurkan langganan tahunan Innovators Plus, yang menghadirkan toolkit pilihan untuk membantu developer, serta akses ke pelatihan langsung melalui Google Cloud Skills Boost, kredit Google Cloud, dan lainnya.

Baca juga: Melihat Contoh Penerapan Google Distributed Cloud Edge Appliance

Fleksibilitas kontrak dan fitur

Photo Credit: rawpixel.com (Freepik)

Google Cloud menawarkan beberapa kontrak yang fleksibel seperti Committed Use Discounts (CUDs yang memberikan potongan harga sebagai imbalan atas komitmen untuk menggunakan tingkat minimum resources untuk jangka waktu tertentu.

Selain fleksibilitas kontrak, Cloud juga menawarkan keleluasaan dalam memilih fitur dan fungsionalitas berdasarkan tahapan adopsi cloud dan kompleksitas kebutuhan bisnis. Oleh karenanya, pada beberapa waktu ke depan, Google Cloud akan meluncurkan edisi baru Standard, Enterprise, dan Enterprise Plus.

Untuk pelanggan yang menjalankan workload yang diatur seperti perbankan dan sektor publik, tingkat Enterprise Plus kelas atas akan menawarkan layanan komputasi, penyimpanan, jaringan, dan analitik dengan ketersediaan tinggi, dukungan multi-region, regional failover dan pemulihan bencana, keamanan tingkat lanjut, dan berbagai dukungan kepatuhan peraturan.

Baca juga: Memahami Cara Kerja Cloud Load Balancing di Lingkungan Hybrid dan Multicloud

Sesuaikan biaya konsumsi dengan penskalaan otomatis

Persyaratan inti Google Cloud adalah menyediakan kemampuan terdepan di industri kepada pelanggan untuk menaikkan dan menurunkan skala layanan secara otomatis untuk menyesuaikan kapasitas dengan permintaan real-time. Penskalaan otomatis meningkatkan waktu kerja, mengurangi biaya infrastruktur, dan menghilangkan beban operasional.

Banyak produk Google Cloud menyertakan kemampuan penskalaan otomatis untuk membantu pelanggan mengelola variasi permintaan yang tidak direncanakan. Misalnya, penskalaan otomatis vertikal dan horizontal Dataflow, dikombinasikan dengan konfigurasi resources adaptif granular, menghasilkan penghematan biaya infrastruktur untuk streaming hingga 50% dan secara otomatis memilih jumlah instans yang tepat yang diperlukan untuk menjalankan pekerjaan. Bigtable juga menyediakan kemampuan penskalaan otomatis asli, dan penskalaan otomatis Spanner adalah tool open-source  yang berfungsi di seluruh penerapan Spanner regional dan multiregional.

Photo Credit: Google Cloud Blog

Google juga tengah meningkatkan kemampuan ini dengan mengaktifkan penskalaan otomatis di BigQuery pada tingkat yang lebih terperinci sehingga Anda tidak perlu membayar lebih dari yang Anda gunakan. Hal ini memungkinkan Anda menyediakan kapasitas tambahan dalam peningkatan yang lebih kecil, sehingga Anda tidak perlu menyediakan dan membayar lebih untuk kapasitas yang kurang terpakai. Pelanggan BigQuery sekarang dapat mencoba penskala otomatis BigQuery baru di konsol Google Cloud mereka.

Baca juga: Penyempurnaan Infrastruktur Google Cloud untuk Menyesuaikan Beban Kerja Anda

Google Cloud terus berkomitmen terhadap kesuksesan pelanggan dengan menghadirkan inovasi yang akan memudahkan mereka dalam mengelola cloud resources. Dengan menghadirkan fleksibilitas yang tinggi, pelanggan dapat memilih layanan sesuai kebutuhan dan tentunya bujet mereka tanpa perlu mengorbankan fitur-fitur penting.

Mulai perjalanan migrasi cloud Anda ke Google Cloud bersama EIKON Technology. Sebagai partner Google Cloud Indonesia, kami menghadirkan produk resmi berlisensi yang didukung oleh layanan konsultasi untuk memudahkan proses penerapan. Untuk nformasi lebih lanjut mengenai perencanaan dan penerapan Google Cloud, silakan hubungi kami di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments