Meningkatkan Produktivitas Kerja Dengan Appointment Slot Google

Salah satu cara meningkatkan produktivitas kerja adalah dengan mengatur fokus atau prioritas utama setiap harinya. Apalagi bila pekerjaan kita lebih banyak bertemu klien, pelanggan, bahkan rekan kerja, jadwal yang terorganisasi dengan rapih tentunya sangat membantu Anda dalam bekerja.

Mencatat berbagai kegiatan pada notes agenda terkadang juga belum dapat maksimal untuk merangkum semua aktivitas harian, apalagi bila ada acara mendadak. Solusinya Anda bisa mencoba aplikasi Calendar untuk membantu meningkatkan produktivitas kerja yang terintegrasi dengan email bisnis Anda.

Google Calendar, satu aplikasi yang merangkum semua kegiatan Anda

Salah satu tools yang tepat untuk mengorganisasi semua jadwal kegiatan dan aktivitas Anda adalah dengan menggunakan Google Calendar.

Fitur-fitur prima yang dimiliki Google Calendar merangkum semua yang Anda perlukan untuk menunjang produktivitas seperti To-Do list, Reminder, membuat Event dan berkolaborasi dengan rekan atau klien, dan Anda juga bisa membuat Appointment Slot atau Slot Janji.

Oke, membuat To-Do list, membuat Event, dan Reminder mungkin sudah cukup familiar bagi Anda. Bagaimana dengan Slot janji? Apa fungsi dan bagaimana kerjanya? Simak.

Appointment Slot: Apa, Fungsi, dan Bagaimana Kerjanya?

Slot Janji adalah fitur prima untuk menyiapkan waktu temu janji pada kalender yang dapat dipesan atau di “booking” oleh orang lain. Sebagai contoh, untuk mengundang rekan kerja dalam membahas suatu proyek, Anda bisa menggunakan Slot Janji untuk mengirimkan undangan secara personal yang resmi (juga agar keliatan lebih keren dan modern 😀) pada rekan kerja Anda

Misalnya Anda memerlukan waktu selama beberapa jam dalam seminggu, dengan mengirimkan Slot Janji, Anda mengetahui melihat apakah ia available untuk jadwal tersebut.

Lalu apa bedanya dengan membuat Event seperti biasanya? Google mengklasifikasikan fitur ini untuk temu janji yang lebih personal. Sedangkan Event lebih tepat digunakan untuk acara yang lebih besar dan general.

Membuat Appointment Slot ini juga cukup mudah, loh! Begini caranya:

  • Sign-in ke akun Google Apps for Work Anda, lalu masuk ke Google Calendar
  • Pada Google Calendar, pastikan Anda sedang dalam tampilan Minggu atau Hari
  • Klik dimana saja pada Calendar untuk memunculkan Create New Event box.
  • Nah, setelah kotak tersebut keluar akan tersedia pilihan untuk membuat Event, Reminder, atau Appoinment Slot yang berada di urutan paling kanan. Klik.

  • Masukan detail janji seperti peserta, judul, deskripsi, dan lokasi.

Meningkatkan Produktivitas Kerja

Menambahkan orang lain ke Appointment Slot:

  • Menambahkan peserta bisa dilakukan pada bidang “Add Guests” di sebelah kanan pada saat Anda membuat Slot Janji.
  • Anda juga bisa menambahkan peserta Slot Janji yang telah dibuat sebelumnya dengan mengirimkan page link yang berada di paling atas Appointment Slot saat Anda membukanya.
  • Last, jangan lupa selalu di save, ya!

Saat ini fitur Slot Janji ini hanya berlaku untuk pengguna layanan Google Apps for Work (email dengan domain perusahaan @namaperusahaan.com).

Namun, Anda yang menggunakan GMail gratis (email dengan domain @gmail.com) pun masih dapat merasakan berbagai manfaat dari aplikasi yang terdapat pada GMail seperti online storage, online collaboration tools (berisi Google Docs, Sheets, dan Slides online).

Google Apps for Work adalah rangkaian tools yang sangat praktis untuk membantu proses bisnis dan meningkatkan produktivitas kerja Anda. Penasaran apa itu dan bagaimana Google Apps? Anda bisa request trial gratis 30 hari atau download ebook gratis dari kami yang berisi berbagai cara inovatif untuk menggunakan Google Apps di berbagai divisi diperusahaan.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments