EIKON TECHNOLOGY BLOG

Tren Teknologi Digital di Tahun 2017


 

Sudah di awal tahun baru 2017, euforia perayaan pergantian pun sudah berlalu.. Saat nya kembali bekerja dan berkarya di tahun ini. tentu Anda sudah menyiapkan diri dengan segala resolusi baik personal maupun untuk perusahaan/bisnis. Cek ulang, diskusi dan tentukan cara untuk mencapai resolusi bersama rekan atau partner Anda dalam berbisnis. Ada banyak hal yang bisa Anda masukkan ke dalam list resolusi seperti achievement, peningkatan SDM, termasuk peningkatan infrastruktur perusahaan dimana teknologi digital menjadi salah satu nya. Yap, disini akan membahas tentang resolusi teknologi digital di tahun 2017 ini.

Sejak memasuki abad milenium, teknologi seakan mulai berjalan lebih cepat. Berbagai riset dibidang teknologi mulai menuai hasil yang sangat menguntungkan bagi manusia. Tak ketinggalan, teknologi digital juga mendapat perhatian untuk dikembangkan lebih jauh.

Semakin canggihnya teknologi digital masa kini membuat perubahan besar terhadap dunia.

Lahirnya berbagai macam teknologi digital yang semakin maju telah banyak bermunculan. Berbagai kalangan telah dimudahkan dalam mengakses suatu informasi melalui banyak cara, serta dapat menikmati fasilitas dari teknologi digital dengan bebas dan terkendali.

Berikut teknologi digital yang diprediksi akan booming di tahun 2017

  1. Digital Technology Platforms

Digital Technology Platforms ibaratnya pondasi bangunan dalam bisnis digital. Setiap organisasi/perusahaan  pasti memiliki 5 fokus utama, yakni information systems, customer experience, analytics and intelligence, IoT, dan business ecosystems. Perusahaan harus mengidentifikasi bagaimana platform industri akan berkembang dan merencanakan cara untuk mengembangkan platform mereka guna memenuhi tantangan bisnis digital.

whatissocialmedia.png

  1. Everything On-Demand

Makin banyak aplikasi yang memudahkan dalam memenuhi segala kebutuhan sehari-hari. Seperti musik dengan Spotify, Transportasi online dengan Uber dan banyak start-up lain dengan konsep everything On-demand. Orang mulai terbiasa untuk memiliki dan melakukan sesuatu melalui aplikasi ponsel. Pada tahun 2017, diharapkan aplikasi tersebut dapat dikembangkan lebih baik lagi. Lebih dari ratusan aplikasi bermanfaat yang dapat Anda gunakan dengan cuma-cuma diberbagai operating system seperti iOS, Android, Windows, dll.

  1. Intelligent Apps

Seperti namanya, Intelligent Apps merupakan aplikasi pintar yang khusus dirancang untuk mempermudah Anda melakukan berbagai hal contohnya seperti virtual assistant. Bahkan dilansir dari website Gartner, diprediksii bahwa virtual assistant di masa depan berpotensi mengubah keadaan kantor dengan kemampuannya membantu mengerjakan tugas sehari-hari. Dalam jangka 10 tahun ke depan, setiap aplikasi dan layanan akan menggunakan beberapa jenis AI (Artificial Intelligence).

Faktanya masih banyak lagi tren teknologi digital yang layak untuk diterapkan kedalam bisnis. Namun, tentu juga harus memilih dan memilah sesuai dengan kebutuhan sehingga bisnis Anda dapat berjalan secara efektif dan efisien.

So, Welcome 2017  🙂




Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of