EIKON TECHNOLOGY BLOG

20

Oct


Cita-cita raksasa search engine dunia, Google, untuk membantu Anda dan team bekerja dengan lebih mudah dan efisien untuk mencapai tujuan se-efektif mungkin kini tampak semakin nyata.

Perombakan yang cukup signifikan dapat Anda rasakan ketika menggunakan rangkaian alat produktivitas besutan Google yang kini dilengkapi dengan kekuatan 'machine intelligence' dalam fitur terbarunya, Explore. Singkatnya, fitur ini membantu proses research Anda dan team dalam membuat presentasi, spreadsheets dan dokumen yang menakjubkan dengan waktu yang lebih singkat.

Nah, kali ini saya akan membahas 5 fitur dari Google G Suite yang memang didesain untuk membantu Anda bekerja lebih cepat, simpel dan mudah, sehingga Anda dapat berfokus meraih sukses dari goal utama team Anda. Simak!

1. Kolaborasi yang jauh lebih efektif dengan 'assignment action'

Seiring ide yang terus mengalir ketika kita melakukan kolaborasi bersama-sama, sering kali hal ini malah membuat kita tidak fokus dalam menentukan siapa bertugas apa, atau bahkan siapa bertanggung jawab atas apa.

Mengatasi hal ini, Anda bisa menentukan tugas untuk tiap anggota team menggunakan fitur Action pada kolom komentar di file yang sedang dikerjakan. Fitur ini terdapat pada Google Docs, Sheets, dan Slide.

Cara menggunakan fitur Action:

  • Buka Google file ( Google Docs, Sheets, atau Slides)

Action_Feature.png

  • Blok teks, gambar, kolom sel, atau slide presentasi yang ingin Anda komentari
  • Klik kanan pada blok yang telah Anda seleksi, lalu pilih menu "Comment" atau komentar
  • Ketik alamat email dengan menambahkan tanda "@" atau "+" didepannya, untuk memberi tugas kepada anggota team Anda

Action_Feature_1.png 

  • Centang kotak "Assign to [name]" 
  • Klik Assign. Orang yang telah Anda tentukan tersebut akan menerima email notifikasi

2. Mencari File penting dengan lebih singkat

Sekali Anda meng-assigned Action, team member akan lebih mudah untuk mengidentifikasi file dokumen, spreadsheets dan presentasi yang memerlukan perhatian khusus. Selanjutnya, ketika mereka membuka file tersebut melalui laptop atau aplikasi mobile, mereka akan mendapatkan badge pada setiap file yang telah Anda assigned, plus update perubahan terbaru yang dilakukan rekan lain pada file yang sama.

Pencarian file penting kini lebih mudah

3. Merangkai Form dengan teknologi terbaru dari Google

Google Form kini juga dipersenjatai dengan teknologi baru. Tampil lebih cerdas, kini Form dapat memprediksi tipe pertanyaan yang dibuat serta memberi saran terhadap respon potensial yang Anda perlukan. Hal ini memberi Anda 25% waktu lebih singkat dari yang diperlukan untuk membuat form.

Google Form kini tampil lebih cerdas

Kabar baik bagi Anda pelanggan G Suite, mulai hari ini Anda dapat membuat tipe pertanyaan dengan menggunakan "File Upload"! Responden Anda dapat meng-upload sebuah file dari komputer atau Drive. Fitur ini dapat digunakan secara internal organisasi.

 

4. Lelah Mengetik? Gunakan Voice Command Saja

Tahun lalu, Google resmi merilis fitur Voice Typing pada Docs untuk memudahkan Anda bekerja tanpa menyentuh keyboard. Hari ini, Google telah menambahkan berbagai cara baru pada Voice Typing untuk membuat dan meng-kustomisasi konten dengan perintah suara untuk merubah warna teks, menghapus kata, dan memasukkan tautan dan komen, serta masih banyak format lain yang bisa Anda lakukan dengan Voice Typing.

5. Berganti aplikasi dengan mudah dan cepat

Menjadi lebih produktif dan kolaboratif (tanpa multitasking tentunya, ya!), terlepas dari alat apapun yang Anda gunakan tentu menjadi impian setiap pekerja. Untuk itu, Google bekerjasama dengan Slack mewujudkan kemudahan bekerja menggunakan rangkaian alat kolaboratif dari G Suite untuk Anda.

Slack Untuk Google

Dengan mengklik tombol "+" pada Slack, Anda bisa mengambil file dari Drive langsung di dokumen yang sedang dikerjakan. Bahkan Anda juga dapat membuat file dokumen, Sheets, dan Slide baru melalui Slack tanpa harus berganti-ganti aplikasi.

Ingin menggunakan rangkaian Google G Suite khusus untuk perusahaan Anda? Kunjungi halaman berikut:

More about Google G Suite >>

 

Coba Gratis G Suite Selamanya

It's All About The Cloud

Welcome to EIKON Technology blog! We're excited to share our insights about the IT industry and the Cloud. Subscribe today to get the latest news.

  • Cloud News
  • Partner Updates
  • Product Releases
  • Company News

Subscribe To Updates

Popular Post

Recent Posts