EIKON TECHNOLOGY BLOG

13

Apr


Perkembangan teknologi penyimpanan data semakin hari semakin cepat. Jika dulu kita biasanya menyimpan data kita menggunakan disket yang kapasitas ukurannya penyimpanannya kecil, kemudian muncul teknologi baru seperti Flashdisk, Hardisk, sampai masuknya era baru yaitu teknologi penyimpanan berbasis cloud. Teknologi cloud sendiri mempunyai fungsi yang luas, salah satunya sebagai media penyimpanan data online. Seperti layanan penyimpanan data berbasis cloud yang sudah tidak asing adalah Google Drive.

Google Drive adalah media penyimpanan data online berbasis cloud. Google Drive diluncurkan pada tanggal 24 april 2012. Layanan ini memberikan kapasitas penyimpanan data online sebesar 15GB untuk yang free license. Google mengintegrasikan layanan Google Drive dengan beberapa layanan Google lainnya seperti Google Docs, Google Sheets, Google Slide, dan beberapa layanan lainnya.

Bagi seorang pekerja profesional layanan ini sangatlah penting untuk menyimpan file-file pekerjaan kantor. Anda tidak perlu kembali ke kantor jika ingin mengakses file yang dibutuhkan cukup dengan device dan koneksi internet saja. Ada beberapa fitur yang cukup bermanfaat untuk media penyimpanan data online yang diberikan oleh Google Drive, simak apa saja fitur Google Drive yang diberikan bagi penggunanya.

1. Integrasi Dengan Produk Lain

Fitur Integrasi ini menjadi bagian terpenting pada Google Drive. Pasalnya fitur ini terintegrasi dengan produk google lainnya seperti Google Doc, Google Shets, Atau Google Slide. File yang sudah anda simpan pada Google Drive bisa anda edit kembagi dengan menggunakan fitur ini  tanpa harus mendownload File Tersebut.

2. Kapasitas Penyimpanan

Dengan mengimplementasikan teknologi  berbasis cloud anda mendapat Kapasitas dari Layanan Google Drive ini sebesar 15GB untuk yang free license. Sedangkan untuk Google Drive Premium anda mendapat 30GB. 

3. Sharing & Privasi Hak Akses

Kemudahan Google Drive selanjutnya adalah berbagi file. Dengan hanya menggunakan fitur sharing anda cukup memasukkan email partner anda pada isian form sharing, partner anda sudah mendapatkan file tersebut. Tidak hanya itu, anda juga bisa memberikan hak akses bagi orang lain, seperti hanya bisa view konten, atau bisa ikut mengedit data tersebut sehingga anda bisa berkerja team. 

Fitur Google Drive-1.png

4.  Search File

Teknologi search yang dikembangkan untuk Google Drive sangat memanjakan penggunanya. Diantaranya adalah pencarian file berdasar jenis format file yang dicari, Pemilik file, tanggal modifikasi, dan lainnya. Google juga menambahkan fitur autocorrect pada search sehingga ketika kita salah ketik fitur ini memberikan saran.

Marketing 2017   Google Drive.png

5. Fitur Penerjemah Dokumen

Fitur penerjemah dokumen ini terhubung dengan Google Translate. Anda bisa memasukkan file dokumen anda kemudian membuka file tersebut di perangkat dokumen yang tersedia di Google Drive. Kemudian klik menu Tools, setelah itu anda pilih Translate Document dan memilih bahasa dokumen yang anda inginkan.

6. Convert Pdf to Text

Fitur yang juga jarang digunakan oleh pengguna Google Drive yaitu Fitur merubah file dengan format PDF menjadi Text. Untuk bisa menggunakan fitur ini anda bisa membuka file PDF anda di Google Drive, kemudian Download As Microsoft Word. Setelah file yang didownload berformat .docx anda bisa mengeditnya.

7. Revision History

Google Drive mempunyai fitur Revision History, fitur ini berfungsi untuk melihat history revisi yang telah anda edit. Revision History juga bisa melakukan restore dokumen sesuai tanggal modifikasi.

Layanan Google Drive menjadi salah satu paket G Suite yang ditawarkan Google. G Suite memberikan kapasitas penyimpanan sebesar 30GB. Tidak hanya itu saja,  Ada beberapa aplikasi utama lainnya yang siap digunakan untuk kolaborasi dengan Google Drive. Tertarik untuk info lebih detailnya? silahkan menghubungi EIKON technology selaku partner resmi Google, atau anda bisa klik link dibawah ini.

Coba G Suite 30 Hari GRATIS! >

Coba Gratis G Suite Selamanya

It's All About The Cloud

Welcome to EIKON Technology blog! We're excited to share our insights about the IT industry and the Cloud. Subscribe today to get the latest news.

  • Cloud News
  • Partner Updates
  • Product Releases
  • Company News

Subscribe To Updates

Popular Post

Recent Posts