Bluebar_navbar

10

Sep


presentasi-bisnis-e1431756362104

Membuat presentasi yang baik dan menarik sebenarnya tidaklah terlalu sulit untuk dilakukan. Bagi Anda yang belum terbiasa mungkin akan merasa sedikit terintimidasi seolah lampu sorot mengarah pada Anda. Rupanya membuat presentasi menarik saja belum cukup, Anda juga harus piawai membawakannya. Berikut ini kiat-kiat dalam memberikan presentasi yang tak hanya menarik, tapi juga dapat menginspirasi. 

1. Perlakukan Audiens Anda Sebagai Raja

Presentasi yang sukses lebih terfokus pada audiens ketimbang pembicaranya. Bagaimana kalau Anda mencoba disain slides yang sesuai dengan kebutuhan audiens serta memberi materi yang selaras dengan sudut pandang mereka.

Apa yang audiens Anda inginkan? Apa yang mempersatukan mereka? Apa yang dapat Anda lakukan untuk mereka? Kenapa mereka harus menerima pandangan Anda? Dan yang, terakhir, langkah apa saja yang harus mereka ambil? Jangan lupa, slide presentasi terakhir adalah yang paling diingat oleh audiens, jadi berikan penjelasan yang singkat, padat, dan sangat jelas pada halaman terakhir tersebut.

2. Bagikan Ide Inspiratif yang Menggugah

Tidak hanya membuat presentasi yang baik dan menarik dengan ide brilian; tapi juga pikirkan audiens Anda. Alih-alih terlalu fokus pada merubah pemikiran audiens, bagaimana kalau Anda berusaha untuk merubah hatinya. Bangun citra yang kuat dengan penampilan video yang sarat makna dan informatif adalah cara yang efektif untuk membangun koneksi secara emosional antara audiens dan pesan yang ingin Anda sampaikan.

presentasi-bisnis

3. Bantu Audiens Memahami Apa yang Anda Maksud

Rata-rata, setengah dari audiens Anda akan lebih banyak memikirkan kata-kata dari presentasi yang akan Anda sampaikan, dan setengahnya lagi memikirkan gambaran dari penjelasan yang Anda berikan. Coba beri gabungan antara grafik yang dapat merepresentasikan kata-kata Anda secara efektif. Lalu berikan tampilan yang konsisten untuk membantu audiens tertarik pada pesan/tujuan Anda.

4. Berlatih Pada Disain, Bukan Dekoratif

Apakah Anda ingin memiliki satu poin utama yang membuat presentasi menarik? Coba saja untuk menggunakan satu kata untuk menggambarkan inti pesan Anda. Ingin Audiens Anda untuk mengingat beberapa ide/pandangan tertentu?
Untuk membuat presentasi yang baik dan menarik, jangan menuliskan semuanya pada bullet-point pada satu halaman slide; perlihatkan satu per satu, tidak bersamaan. Ciptakan cerita atau beri contoh untuk mengilustrasikan tiap poin tersebut. Akan lebih bagus lagi ketika Anda dapat menambahkan gambar atau kutipan yang secara akurat menjelaskan ide/pesan Anda.

5. Mengembangkan Hubungan Antara Slide Anda dan Audiens

Beberapa dari kami, para pembicara, lebih suka "bersembunyi" dibalik slide kami. Bahkan tak jarang juga slide presentasi lebih banyak berisi kata-kata atau tulisan dan diagram yang rumit, sambil berharap hal tersebut dapat mengurangi beban komunikasi, padahal justru hal ini akan membuat Anda menjelaskan lebih banyak hal.
Cobalah untuk mengurangi jumlah teks pada slide Anda sebisa mungkin. Taruh semua detil tersebut pada catatan pribadi Anda sebanyak mungkin. Biasakan diri untuk menggunakan slide hanya sebagai 'pemandangan secara digital' serta untuk menyatukan pandangan Anda dengan audiens. Sekali lagi, audiens adalah raja.

Untuk membantu Anda dalam membuat presentasi menarik dan lebih kreatif, manfaatkan berbagai macam template yang tersedia pada aplikasi slide Anda. Tahukah Anda saat ini slide presentasi online yang terhubung dengan internet search engine dapat lebih membantu Anda dalam mencari ide atau gambar yang pas.

Research Tools tampak pada bagian kanan. Ketik apapun yang Anda perlukan disana untuk mendapatkan hasil instan.

 

Kapan saja Anda perlu mencari sesuatu yang berhubungan dengan presentasi kini tinggal menuliskannya tanpa harus membuka tab browser baru seperti yang terdapat dalam Google Slide. Fitur alat produktivitas yang tergabung di dalam Google Drive sekaligus sebagai online data storage, akan sangat memudahkan pekerjaan Anda. Semua bahan presentasi akan tersimpan dengan aman dan dapat terakses kapan saja, dimana saja karena sifatnya yang online.

Template yang tersedia pada Google Slide. Anda juga dapat meng-import template design Anda sendiri.

Tak cukup hanya membuat presentasi yang baik dan menarik, tapi juga harus inspiratif yang dapat menggerakkan hati audiens Anda. Semoga tips-tips diatas dapat membantu Anda membuat presentasi menarik lebih banyak lagi, ya. 

Bagaimana sih menggunakan Google Drive untuk membuat slide presentasi yang baik dan menarik secara online dengan lebih mudah untuk pekerjaan Anda, atau Anda ingin upgrade fitur-fitur Google Drive untuk bisnis atau korporat? Silahkan klik dibawah ini untuk berkonsultasi dengan kami sebagai Google Apps Reseller Indonesia yang terpercaya.

More Details? Contact Us Here

 

Coba Gratis G Suite Selamanya

It's All About The Cloud

Welcome to EIKON Technology blog! We're excited to share our insights about the IT industry and the Cloud. Subscribe today to get the latest news.

  • Cloud News
  • Partner Updates
  • Product Releases
  • Company News

Subscribe To Updates

Popular Post

Recent Posts