Bluebar_navbar

16

Oct


backup-restore

Kali ini kita akan membahas tentang aplikasi backup data cloud to cloud dan media sosial Anda. Mungkin selama ini Anda biasa mem-backup data pada media penyimpanan fisik seperti flashdisk atau hardisk. Namun cara ini rupanya memiliki banyak kekurangan seperti:

  • Umur hardware yang terbatas (maksimal 3 tahun)
  • Rawan data corrupt atau hardisk tidak terbaca sehingga Anda akan kesulitan mengakses data
  • Semakin besar kapasitas memorinya, hardisk menjadi kurang travel friendly
  • Hardisk yang sudah tidak terpakai akan menumpuk dan makan ruang Anda

Sebagai alternatif, kini khalayak umum dan perusahaan sudah banyak beralih menggunakan media penyimpanan online yang mudah diakses kapan saja dengan device apapun yang dapat terhubung ke internet. Ya, cloud storage menjadi penyelamat sekaligus solusi instan untuk menyimpan data bagi Anda yang tidak memiliki flashdisk atau hardisk.

Tak sedikit pula perusahaan kecil menengah ataupun korporasi besar yang sudah mengadaptasi cloud computing dan storage sebagai solusi penyimpanan online untuk para karyawannya. Lalu, apakah dengan menggunakan metode penyimpanan online kita masih perlu mem-backup data? Jawabannya adalah ya.

Berikut Alasan Kenapa Perusahaan Harus Pertimbangkan Aplikasi Backup Data Online

online_backup

Bagi perusahaan, data email, transaksi pembayaran, dan data informasi personal adalah data sensitif yang harus dijaga keamanannnya. Penggunaan media cloud storage memang membantu penyimpanan data secara online karena perusahaan dapat melihat updates yang dilakukan karyawan secara transparan dan real-time.

Namun itu saja belum cukup, perusahaan masih tetap harus melakukan backup data untuk memastikan mereka tetap memiliki otoritas pada data-data tersebut bahkan ketika karyawan telah menghapus atau menumpuk data tersebut.

Perusahaan atau sebagai business owner tentu tidak akan mengambil resiko untuk kehilangan data-data penting tersebut dengan hanya menyimpannya di satu komputer atau storage fisik, yang sewaktu-waktu dapat terjadi kerusakan yang mengakibatkan hilangnya data.

"Untuk itulah kenapa backup data online menjadi solusi yang efektif dan efisien karena kapan saja Anda membutuhkan suatu data, Anda bisa mendapatkannya dengan akses yang mudah."

Lebih Low Maintenance dan Hemat Biaya Daripada On-Premise Server

Mungkin selama ini Anda lebih familiar untuk mem-backup data dengan on-premise server ketimbang cloud karena kekhawatiran akan keamanan data Anda. Padahal, bila kita telaah lebih jauh justru penggunaan/hosting server bisa memakan biaya yang tinggi bagi pengeluaran operasional perusahaan karena hal berikut:

  • Biaya maintenance server sangat tinggi karena harus update secara berkala
  • Perusahaan harus mengalokasikan biaya cukup mahal untuk membeli backup tape yang hanya memiliki umur 3-5 tahun
  • Pencarian data yang sulit terlacak sehingga memakan waktu lama untuk menemukannya
  • Data yang telah dihapus tidak dapat dikembalikan

Untuk itu, Backupify hadir sebagai solusi aplikasi backup data online berbasis cloud (cloud to cloud) yang tak hanya praktis dan mudah, tapi juga aman. Aplikasi ini digunakan sebagai tambahan (add-on) dan terintegrasi dengan sangat baik pada layanan Google Apps, Office 365, bahkan media sosial seperti Facebook dan Twitter. 

Backupify_for..

Kemampuan fitur pencari (e-discovery) yang sangat optimal dan menyeluruh untuk memudahkan Anda dalam melakukan pencarian, restorasi dan atau transfer data. Akses terpusat untuk pengarsipan agar semua informasi tersimpan dengan aman dan mudah dicari menggunakan satu akun saja. 

Anda dapat mempelajari lebih jauh tentang layanan aplikasi backup data cloud seperti Backupify, serta layanan produktifitas Google Apps dan Office 365 pada perusahaan seperti EIKON Technology sebagai penyedia layanan cloud terkemuka selama lebih dari 7 tahun.

Coba Backupify Gratis >>

 

Coba Gratis G Suite Selamanya

It's All About The Cloud

Welcome to EIKON Technology blog! We're excited to share our insights about the IT industry and the Cloud. Subscribe today to get the latest news.

  • Cloud News
  • Partner Updates
  • Product Releases
  • Company News

Subscribe To Updates

Popular Post

Recent Posts