EIKON TECHNOLOGY BLOG

14

Sep


Tahukah Anda, banyak tantangan bisnis baru dan berbeda yang dialami oleh para CEO setiap tahunnya. Tentu saja, dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih akan membawa perubahan yang cukup menantang kreativitas CEO dalam meningkatkan bisnis yang lebih kompetitif dibanding sebelumnya. 

Tantangan dunia global seperti banyaknya teknologi baru yang kian bermunculan bagai pedang bermata dua. Di satu sisi membawa kemudahan dalam melakukan berbagai hal, namun juga dapat membawa masalah bila kita tidak pandai-pandai mengontrol serta memilih solusi yang tepat.

Kemampuan beradaptasi yang baik terhadap berbagai teknologi baru ini merupakan tantangan yang harus dihadapi secara cermat oleh para pemimpin perusahaan. Selain itu, apa saja ya tantangan lainnya? Yuk, simak.

Fleksibilitas Sistem Baru

Banyaknya profesional muda dari generasi Y yang muliai membanjiri dunia kerja. Mereka ini adalah generasi yang terbiasa menggunakan teknologi (tech savvy), yang menginginkan fleksibilitas yang lebih untuk pekerjaan dan kehidupan personalnya. Terlebih lagi dengan tinggi-nya angka pengguna perangkat mobile yang semakin meningkat menjadikan fleksibilitas adalah suatu hal wajib yang harus dimiliki perusahaan untuk berkembang di era global.

Hal ini merupakan tantangan bisnis tersendiri bagi para CEO bila tak mampu mengikuti perubahan kultur tersebut, karena para professional muda ini akan dengan mudah berpindah ke tempat kerja lain yang menawarkan pengalaman kerja dan karir yang lebih baik.

Untuk mengatasi hal ini, CEO harus fokus pada peningkatan interaksi hubungan intrapersonal pekerja, perkembangan perusahaan, serta pikirkan untuk mengadopsi lingkungan kerja yang lebih fleksibel dan produktif untuk para pekerja agar mereka bisa lebih optimal. Hindari terlalu banyak mendikte dan menekan pegawai.

Meningkatkan Kenyamanan Pegawai

gambar_meja_kerja.jpg

Besarnya tuntutan pegawai mungkin terasa memberatkan bagi perusahaan. Namun coba pikirkan, lebih melelahkan mana dengan banyaknya pekerja yang keluar-masuk perusahaan Anda? Bila tak ingin seperti itu terus kuncinya adalah memelihara kenyamanan pegawai dengan mengupayakan lingkungan kerja positif dengan fasilitas yang memadai. Pegawai yang bahagia akan memberikan impact yang baik dengan bekerja lebih produktif, sehingga dapat menghasilkan kinerja yang optimal dan efektif.

Jangan lupa untuk menciptakan suasana persaingan kerja yang sehat antar pegawai. Rangkul mereka dengan satu tujuan besar yang utama, yakni perkembangan perusahaan secara garis besar, dibanding pencapaian personal. Untuk itulah solusi teamwork-oriented diperlukan dalam mencapai hal ini.

Manajemen Reputasi

Tak ayal bila sosial media menjadi salah satu kiblat untuk media marketing dan layanan customer service yang cukup ampuh. Ya, sosial media memudahkan perusahaan untuk menyampaikan pesan pada target audiens dengan lebih efektif dan efisien ketimbang media lainnya. Namun terkadang me-maintain sosial media masih dianggap sebelah mata karena minim-nya pengetahuan terhadap pemanfaatan media yang tepat.

Nyatanya, saat ini sudah tersedia solusi platform atau software untuk menggunakan berbagai akun sosial media melalui satu dashboard yang mampu memberikan informasi spesifik terhadap suatu aktivitas yang kita inginkan dan informasi penting lainnya.

Ekspektasi para pelanggan dan klien terhadap layanan Anda kini telah berkembang dengan lebih kompleks seperti respons yang cepat tanggap kapanpun, dimanapun, kemudahan untuk mengontak perusahaan, serta pelayanan yang lebih personal.

Untuk itu menjaga reputasi dan popularitas perusahaan dengan memberikan layanan customer yang tak hanya baik, namun terpercaya dan dapat diandalkan adalah hal terpenting. Dan pemanfaatan sosial media yang optimal dapat membantu Anda mencapai tujuan tersebut.

Perubahan Yang Cepat

quotes.jpg

Arus informasi yang cepat menjadi salah satu tantangan terbesar untuk bisnis -- tak peduli apakah hal itu termasuk pengambilan keputusan, eksekusi dari sebuah ide, atau perubahan pasar. Semua terjadi begitu cepat.

Cepat tanggapnya bisnis Anda dalam menjawab tantangan tersebut dapat membawa Anda pada perkembangan yang eksponensial. Anda bisa memanfaatkan solusi teknologi cloud computing yang memberi Anda cara baru untuk bekerja dengan lebih efisien dan lebih efektif.  Anda bisa bekerja dan mengakses data dari perangkat manapun, kapanpun sesuai kebutuhan Anda dengan tingkat keamanan yang tinggi.

Cloud computing juga menawarkan sistem kolaborasi secara real-time agar Anda dan rekan tetap dapat bekerja sama walau terpisah jarak dan waktu yang berjauhan.

Tingkatkan Keamanan Cyber dari Cyberattack

Evolusi teknologi yang semakin canggih juga berefek pada semakin canggihnya cybercrime yang ada. Untuk itu, menjaga keamanan data Anda dari berbagai virus, malware, dan hacker adalah hal utama yang harus diperhatikan. Memelihara infrastruktur IT memang membutuhkan banyak biaya, dari segi hardware, software, juga human resource-nya. 

Lagi-lagi sepertinya para CEO harus mempertimbangan solusi efisien yang ditawarkan teknologi cloud untuk menyokong infrastruktur IT yang mampu memberikan hasil maksimal dengan pengeluaran minimal. Teknologi cloud bertumpu ada sistem layanan yang terpusat oleh provider sebagai pemelihara sistem, sehingga Anda bisa fokus menjalankan bisnis Anda, 

Anda tak perlu memikirkan sistem dan security update karena provider cloud akan melakukannya secara otomatis berkala untuk memastikan Anda mendapatkan sistem dan keamanan versi terbaru setiap kali ada perubahan. Pilihlah provider cloud yang terkenal, sudah terbukti aman dan terpercaya, serta memiliki legalitas dan standarisasi keamanan tingkat internasional untuk memastikan keamanan yang tinggi dan minim resiko.

Menjalin Hubungan Yang Baik Dengan Pelanggan

quotes_2.jpg

Saat ini kita dihadapkan pada banyaknya pilihan cara untuk terhubung dengan orang lain. Jadikan hal ini sebagai kekuatan untuk membangun dan menjaga hubungan baik dengan para pelanggan Anda. Menyenangkan pelanggan (delighting customer) adalah cara Anda untuk memberikan added value untuk membuat para pelanggan tetap loyal dengan brand dan bisnis Anda.

Selain itu, hal ini juga dapat menarik minat para pelanggan baru yang melihat bisnis Anda. Mereka akan berpikir bekerjasama dengan Anda adalah pilihan yang tepat.

Seperti pepatah lama yang berkata "kita akan menuai apa yang kita tanam", saya percaya semua kebaikan yang kita berikan kepada orang lain dalam berbagai bentuk, akan kembali lagi pada kita. Mulailah langkah kecil Anda untuk meningkatkan layanan customer yang lebih baik dengan memanfaatkan software customer support berbasis cloud dari EIKON Technology:

New Call-to-action

 

Coba Gratis G Suite Selamanya

It's All About The Cloud

Welcome to EIKON Technology blog! We're excited to share our insights about the IT industry and the Cloud. Subscribe today to get the latest news.

  • Cloud News
  • Partner Updates
  • Product Releases
  • Company News

Subscribe To Updates

Popular Post

Recent Posts