Mengintip Masa Depan IT Service dan Operations Management

Belakangan, AI (Artificial Intelligence) tidak hanya sekadar menjadi kata kunci yang ramai dibicarakan. Jumlah perusahaan yang sudah mengadopsi AI ke dalam strategi  manajemen layanan mereka juga mengalami peningkatan signifikan. Bahkan diketahui juga, sudah ada banyak perusahaan yang mulai menuai manfaat dari penerapan AI.

Fakta tersebut membuktikan bahwa investasi perusahaan kepada Intelligence Service Management bukanlah suatu kesia-siaan. Investasi penerapan Intelligence Service Management bahkan berhasil memenuhi ekspektasi para praktisi IT di dalam perusahaan. Tak jarang pula, implementasi tersebut melampaui ekspektasi awal.

Baru-baru ini Freshservice berkolaborasi dengan Frost & Sullivan yang merupakan perusahaan konsultasi bisnis Amerika Serikat untuk mengidentifikasi perkembangan terbaru pada IT Service Management (ITSM) dan IT Operations Management (ITOM). Dari situ bisa diketahui apa yang mungkin terjadi nanti dan ke mana arah transformasi.

Artikel kali ini akan membahas bagaimana kolaborasi antara Freshservice dengan Frost & Sullivan dalam meningkatkan kinerja bisnis yang efektif. Secara garis besar, peran IT dalam perusahaan sangat besar. IT harus bisa menjadi inovator yang berpusat pada karyawan dengan pengalaman layanan mandiri yang cerdas. Mari pelajari bersama.

Intelligent Service Management Whitepaper

Kerja sama antara Freshservice dengan Frost & Sullivan melahirkan sebuah temuan yang kemudian diberi nama Intelligent Service Management Whitepaper. Temuan tersebut mengungkapkan cara untuk:

  • Melakukan integrasi layanan dan manajemen operasi dengan sistem otomatisasi cerdas.
  • Meningkatkan skalabilitas dan efisiensi dengan memanfaatkan chatbot, agen virtual, serta orkestrasi IT.
  • Menunjukkan nilai bisnis dan juga return on investment (ROI) yang cepat melalui platform ITSM yang lebih modern dan cerdas.

Temuan tersebut juga menyatakan pentingnya upaya memodernkan ITSM. Dari riset berbasis bisnis yang dilakukan oleh Frost & Sullivan diketahui bahwa penerapan platform ITSM yang lebih modern dan cerdas dapat meningkatkan rasio keuntungan atas investasi yang dilakukan perusahaan.

Baca juga: IT Service Management Modern Bernama Freshservice

Kemungkinan perkembangan ITSM dan ITOM

Photo Credit: Rawpixel

Penelitian tersebut kemudian digunakan untuk mengukur sejauh mana perkembangan teknologi cerdas. Dari situ bisa diketahui kemungkinan perkembangan teknologi cerdas di masa depan di antaranya:

  • Adanya sebuah sistem ITSM modern yang lebih intuitif sehingga mudah digunakan. Diprediksi, produk ini dapat menghasilkan ROI yang bagus dalam beberapa bulan. Menariknya lagi, sistem ini juga tidak akan memerlukan waktu lama untuk diadopsi, dipelajari, dan mulai diterapkan.
  • Meningkatkan performa AI dan layanan mandiri dengan dukungan omnichannel.
  • Tools layanan mandiri dan orkestrasi untuk membebaskan agen sevice desk agar bisa menangani masalah yang jauh lebih kompleks.
  • Operasi terpadu yang menggabungkan ITSM dan juga ITOM. Tujuannya adalah untuk mengurangi dampak pemadaman, memastikan kelangsungan bisnis, dan merampingkan layanan yang sudah ada.
  • Peningkatan tools kolaborasi tim yang terintegrasi dengan mulus memanfaatkan infrastruktur IT yang sudah ada.
  • Enterprise Service Management (ESM) untuk merampingkan sejumlah tugas untuk tim, meningkatkan nilai bisnis, serta menambah ROI.

Baca juga: Modernkan Manajemen Layanan IT Perusahaan Anda dengan Freshservice!

Pengaruh perkembangan makroekonomi

Tanpa disadari, perkembangan makroekonomi di masa sekarang telah mempercepat transformasi digital banyak perusahaan. Termasuk di dalamnya adalah penyebaran layanan digital cerdas serta pengalaman dukungan. Pada akhirnya, masa depan ITSM akan menjadi sebuah kombinasi yang memadukan teknologi dan sentuhan manusia.

Dalam sebuah survei yang dilakukan Harvard Business Review Analytic Service, ditemukan bahwa 77% perusahaan mengatakan, karyawan akan cenderung memilih untuk resign jika perusahaan tidak menyediakan alat, teknologi, serta informasi yang mereka butuhkan untuk bekerja.

Photo Credit: Rawpixel

Semantara itu, 82% perusahaan menyatakan bahwa kebahagiaan karyawan di tempat kerja secara signifikan dipengaruhi oleh seberapa baik kinerja teknologi di tempat kerja mereka. Oleh karena itu, perusahaan harus siap untuk memasukkan kecerdasan ke dalam sistem manajemen layanan mereka untuk tetap relevan dengan lingkungan bisnis yang terus berubah.

Pembahasan kali ini menunjukkan bahwa masa depan ITSM dan ITOM akan masih sangat panjang, terlebih jika kita memperhitungkan kemungkinan masuknya AI. Masih belum terlambat untuk sekarang jika Anda ingin mulai menerapkan IT service yang modern seperti Freshservice.

Dengan Freshservice, Anda bisa akan lebih leluasa dalam change management, release management, dan tentunya asset management. Anda bisa mendapatkan platform Freshservice resmi melalui EIKON Technology. Belum familier dengan Freshservice, coba gratis sekarang juga di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments