EIKON TECHNOLOGY BLOG

Review G Suite Vs Zimbra, Kenali Sebelum Membeli


 

G Suite dan Zimbra, bagi Anda yang sudah terjun di dunia IT mungkin sudah tidak lagi asing dengan dua mail service ini. Pasalnya, banyak perusahaan yang menggunakan G Suite maupun Zimbra sebagai produk yang bergerak di bidang mail service, keduanya berlomba-lomba untuk memberikan fitur terbaik bagi penggunanya.

Sebagai sistem yang hampir sama, banyak review komparasi yang menilai perbedaan G Suite dan Zimbra. G Suite adalah rangkaian aplikasi layanan komunikasi berbasis web dan layanan kolaborasi. Sementara Zimbra mendeskirpsikan diri sebagai perangkat lunak kolaboratif. Mana yang lebih baik dan cocok untuk perusahaan Anda? Berikut kami berikan deskripsi lengkap mengenai perbedaan G Suite vs Zimbra.

g-suite-vs-zimbra

G Suite, a collection of web-based communication and collaboration services

G Suite diluncurkan pada tanggal 28 agustus 2006 oleh Google. G Suite saat ini menjadi pesaing kuat dari pesaing-pesaing lainnya seperti Office 365 dan Zimbra. G Suite merupakan paket lengkap apps intelligence yang bisa membantu bisnis berkembang secara dinamis. Platform ini memiliki beragam aplikasi untuk berkomunikasi seperti Gmail, Meet, Hangouts, Calendar, dan Google+. Memiliki aplikasi penyimpanan di Google Drive yang setiap produknya bisa digunakan untuk berkolaborasi seperti Docs, Sheet, Formulir, Slide, dan Site. Sementara untuk pengelolaan, G Suite memiliki Console Admin dan Google Vault.

Menawarkan tiga versi yaitu Basic, Business, dan Enterprise, G Suite dibanderol dengan harga yang berbeda-beda di tiap versinya. Soal fitur dan fasilitas juga tentu berbeda. Bertahap dari Basic, Business, kemudian paling advanced ada di Enterprise. Untuk informasi lengkap mengenai harga G Suite paling terjangkau, Anda bisa menghubungi reseller G Suite resmi Indonesia. Detailnya, berikut yang akan Anda dapatkan dari layanan G Suite:

  • Gmail

Berbeda dengan gmail versi gratis, gmail pada G Suite adalah gmail versi berbayar yang memiliki fitur lebih seperti kapastias email sebesar 30 GB untuk versi Basic, dan unlimited untuk versi Business dan Enterprise. Email dengan nama domain perusahaan juga bisa dilakukan di G Suite, seperti admin@namaperusahaan.com, tidak lagi admin@gmail.com. Selain itu, gmail di G Suite juga menawarkan fitur admin pannel gmail yang berfungsi sebagai monitoring user lain.

  • Google Meet dan Google Hangouts

Kedua fitur ini hampir sama. Bedanya, kalau Google Meet lebih difungsikan untuk meeting, video conference bersama tim atau customer, sementara Google Hangouts untuk messaging, chat, phone call, dan video call atau komunikasi lebih santai dengan teman. Berikut beberapa fitur Google Meet:

  1. Screen Share untuk presentasi
  2. Melakukan chat pada saat presentasi video berlangsung
  3. SMS menggunakan Google Meet
  4. Meeting online sampai 25 user
  • Google Calendar

Calendar adalah salah satu platform G suite yang sangat penting untuk mengatur kegiatan Anda. Anda bisa melakukan scheduling secara online, invite meeting, dan cek jadwal tim Anda. Sebab Google Calendar pada G Suite memiliki beberapa fitur berikut:

  • Pengaturan jadwal meeting dengan group
  • Penambahan Google Hangouts
  • Menambah attachments
  • Menambah email guest
  • Notifikasi email invitation
  • Google Drive

Google drive merupakan salah satu platform penyimpanan online yang dimiliki G Suite. Google Drive ini semacam wadah dari produk lainnya seperti Docs, Slide, dan Sheet, sehingga data yang telah dibuat oleh kolaborasi tools ini bisa langsung Anda lihat dan simpan di Google Drive. Dengan Google Drive, G Suite menunjukkan integrasi dan pendekatan yang lebih baik untuk tim. Adapun kelebihan Google Drive adalah sebagai berikut:

  • Sharing dan privasi hak akses
  • Pencarian file mudah
  • Fitur penerjemah dokumen
  • Convert PDF to text
  • Revisions history bisa dilacak
  • Audit dan laporan konten
  • Kontrol admin lanjutan
  • Google Docs

Google Docs adalah aplikasi yang berfungsi sebagai pengolah dokumen. Anda bisa membuat, menyunting, atau menghapus dokumen secara online. Setiap perubahan tercatat dan dapat dilacak. Tidak hanya itu, Google Docs memiliki fitur kolaborasi yang dapat mempermudah pekerjaan di dalam tim seperti share, chat, comments, dan edit secara bersamaan.

  • Google Slide

Google Slide adalah aplikasi untuk membuat dan menyunting slide presentasi secara online. Buat presentasi Anda menjadi lebih interaktif dan menarik di Google Slide. Platform ini juga memiliki fitur kolaborasi sehingga Anda bisa melakukan edit bersama tim dan share dengan mudah.

  • Google Sheets

Google Sheets atau SpeadSheets adalah aplikasi membuat dan menyunting data tabel semacam Excel secara online. Rumus-rumus yang lengkap dan mudah, membantu Anda untuk membuat data akuntansi dan laporan lainnya. Sama seperti yang kolaborasi tools yang lain, aplikasi ini juga memiliki fitur yang dapat dikerjaan secara bersama-sama.

Selain 7 aplikasi atau fitur populer di G Suite, G Suite juga masih memiliki fitur penting lainnya seperti Google Site, yang memungkinkan Anda untuk membangun situs web. Adanya keamanan dan administrasi dengan dukungan support center 24/7. Adapula Google Vault untuk pencarian lanjutan berupa E-discovery mencakup email, obrolan, dan dokumen serta arsip email. Setiap produk atau aplikasi di dalam G Suite, terintegrasi dengan produk G Suite lainnya.

Zimbra, a collaborative software suite

Zimbra dikembangkan oleh LiquidSys, yang sekarang berganti nama menjadi Synacor pada tahun 2005. Zimbra merupakan software kolaborasi yang terdiri dari email server, penjadwalan atau kalender, group, kontak dan menajemen penyimpanan dokumen via web. Zimbra memilliki dua versi yaitu Open Source dan berbayar. Kedua versinya tentu memiliki perbedaan yang cukup signifikan dengan tawaran fitur yang lebih lengkap pada versi berbayar.

Zimbra Desktop adalah perangkat email client berbasis open source yang menggantikan Microsoft Outlook. Program ini memudahkan Anda dalam mengelola dan download email di satu tempat. Selain itu, tidak seperti beberapa email client gratis lainnya, Zimbra Desktop memungkinkan Anda untuk mengelola kalender atau penjadwalan janji temu Anda, baik dengan tim maupun dengan customer. Zimbra Desktop tetap bisa difungsikan pada penyedia email apapun yang Anda gunakan. Beberapa fitur Zimbra sebagai kolaborasi software adalah sebagai berikut:

  • Multiple Email Provider

Pada Zimbra, Anda bisa menambah email baru meskipun dari Gmail, Yahoo, Windows Live Mail atau email lainnya. Tampilan interface Zimbra juga cukup baik hampir mirip dengan tampilan Microsoft Outlook. Jika Anda ingin mengubah tampilan dashboard Anda dengan versi html, Anda bisa mengubah text email Anda seperti size text, font color, menambah headings, table, juga beberapa lainnya. Fitur ini menambah tampilan lebih atraktif. Anda juga bisa membuat tags yang berfungsi untuk mempermudah dalam pencarian email nantiya. Zimbra juga memiliki fitur Email Archiving and Discovery yang berfungsi untuk mengarsip dan melacak email secara online.

  • Instant Messaging

Zimbra telah terintegrasi dengan Cisco dan Mitel, sehingga Anda bisa mendapatkan instant messaging, voicemail, click-to-call, dan call record history. Sebagai mail service yang menyediakan layanan instant messaging, berarti Zimbra turut mengerti kebutuhan customer untuk berkoneksi dan berkomunikasi mudah secara online.

  • Shared Calendar

Salah satu fitur kolaborasi pada Zimbra adalah fitur Shared Calendar. Dengan ini, Anda bisa menambah event dan notes. Fitur ini sangat berguna untuk melakukan pengaturan terkait jadwal kegiatan. Atur jadwal Anda pada Shared Calendar di Zimbra dan bagikan kepada partner atau customer untuk mengatur janji bertemu.

  • Q&A Tracking and Monitoring

Anda bisa melacak dan melakukan monitoring data dengan Q&A Tracking and Monitoring. Anda dapat memiliki privasi dan mengontrol data Anda pada komunitas atau grup yang Anda kelola. Ingatlah bahwa Zimbra adalah salah satu sistem pelacakan dan pelaporan terkini yang canggih. Zimbra adalah sistem manajemen hebat yang mencakup pelaporan penyalahgunaan. Pengelolaan penyalah gunaan dapat diperluas sebagus cara Zimbra membuat pelaporan.

  • Social Analytics

Zimbra juga akan memberi Anda alur kerja sosial melalui para anggota dapat mengajukan tantangan dan menyarankan ide atau gagasan. Selain itu, dengan bantuan Social Analytics, Anda bisa menjadikan community lebih baik, filter sesuai kebutuhan, dan Anda dapat mengukur serta meningkatkan efektivitasnya.

Selain 5 fitur tersebut, Zimbra juga memiliki Blog and Micro Blogs, Tags and Tag Clouds, Media Galleries, Photo, and Video Embedding, Liking and Commenting, Badging and Points, Activity Streams and RSS Feeds, People Search and Content Search. Dengan Zimbra, pekerjaan Anda terkait pengiriman email dan hal lain yang berhubungan dengan mail service bisa Anda selesaikan dengan mudah. User interface pada Zimbra pun cukup ramah, fleksibel, dan mudah untuk dikonfigurasi. 

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa membandingkan review langsung dari beberapa web review seperti getapp.com  & g2crowd.com.

Kami rasa, Anda sudah lebih paham tentang perbedaan G Suite dan Zimbra, ya. Keputusan ada di tangan Anda. Pilihlah sesuai kebutuhan Anda dengan pertimbangan yang matang. Jika Anda masih membutuhkan saran lebih lanjut, silahkan menghubungi EIKON Technology dengan klik tautan berikut.




Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of