Bluebar_navbar

23

Dec


cara mengamankan akun google Anda

Ada beberapa cara mengamankan akun Google Apps Anda, yaitu dengan pengaturan enkrispsi (encryption by default), sistem verifikasi dua langkah (two-step verification), security keys, dan security checkup dimana keempat hal ini merupakan inovasi keamanan yang telah diperkenalkan oleh Google.

GOOGLE ADOPSI ISO 27018 UNTUK MENAMBAH STANDAR KEAMANAN CLOUD

Belakangan ini Google baru saja menambah standarisasi keamanan untuk melindungi privasi Anda dalam menggunakan cloud melalui ISO/IEC 27018:2014. Standarisasi kemanan yang baru ini sebagai pedoman bagi penyedia layanan cloud dalam melindungi informasi dan identitas personal dari pelanggan dan penggunanya.

Perusahaan auditor independen Ernst & Young telah memverifikasi kebijakan privasi dan komitmen untuk Google Apps for Work dan Google Apps for Education telah sesuai dan memenuhi syarat dengan ISO/IEC 27018:2014, seperti berikut:

  • Google tidak akan menggunakan data Anda untuk keperluan advertising (iklan).
  • Data yang Anda percayakan (simpan) pada kami sepenuhnya tetap milik Anda.
  • Google menyediakan sarana untuk menghapus dan memindah data Anda.
  • Google melindungi informasi Anda dari permintaan pihak ketiga.
  • Google sangat transparan untuk dimana kami menyimpan data Anda.

Dengan adanya ISO 27018 ini sebagai pembuktian komitmen Google dalam melindungi data Anda yang telah memenuhi syarat ketatnya standarisasi keamanan data dan privasi internasional. Hal ini tentunya menjadi langkah yang sangat baik bagi perusahaan dan pelanggan. Peraturan dan hukum pada tiap negara mungkin dapat berbeda satu sama lain, namun prinsip yang telah tertuang dalam standarisasi tersebut telah diakui.

CARA MENGAMANKAN AKUN GOOGLE APPS ANDA

"Sepertinya akun saya aman-aman saja, kok. Nanti saja deh, rasanya untuk saat ini belum butuh.."

Pernah mendengar atau bahkan mungkin Anda sendiri yang berkata seperti itu? Weiitss, jangan menunda untuk masalah keamanan. Mencegah lebih baik daripada mengobati kan? Simak tips berikut.

Verifikasi Dua Langkah

Cara yang cukup efektif dalam mengamankan akun Google Apps Anda adalah dengan mengaktifkan sistem verifikasi dua langkah. Sistem ini bekerja dengan mengirimkan kode verifikasi melalui sms di handphone yang kemudian harus Anda input untuk dapat login ke akun Google. Ini dapat menjadi alarm bila suatu saat ada orang lain yang menggunakan akun Google tanpa sepengetahuan Anda.

Cara settingnya mudah kok:

  • Masuk ke menu My Account / Akun Saya

tampilan My Account di Google Apps

  • Lalu pilih menu Sign-In & Security

Tampilan Sign-in & Security

  • Nah, lalu aktifkan 2-Step Verification pada tab Password & Sign-In Method

Proses verifikasi dua langkah

Security Key

Google bekerja sama dengan standar organisasi FIDO Alliance dalam mengembangkan Security Key untuk memberikan tingkat keamanan yang lebih untuk akun Google Apps Anda. Security Key adalah sebuah kunci yang bentuknya mirip seperti flashdisk berisi suatu enkripsi tertentu untuk memastikan login Anda tak dapat dipalsukan. 

Lihat video ini untuk lebih jelasnya:

Security Key ini bisa Anda dapatkan melalui partner resmi Google yang terpercaya seperti EIKON Technology. Hanya dengan satu sentuhan dan verifikasi data dapat terkirim secara otomatis tanpa harus mengetik kode pada layar. Hemat waktu, kan?

Security Checkup

Sudah melakukan chekcup sistem keamanan Anda? Jika belum, lakukan saja dengan Security Checkup. Dengan melakukan chekcup ini untuk memastikan Anda menggunakan keamanan yang telah didapat dari Google. Anda hanya perlu 2 menit saja untuk melakukan pengecekan seperti:

  • Memastikan informasi Account Recovery telah diperbarui
    Bila Google mendeteksi aktivitas yang mencurigakan, maka Google akan menggunakan recovery info Anda untuk memastikan tak ada orang selain Anda yang bisa mendapatkan akses.
  • Melihat aktivitas login terbaru
    Untuk memastikan aktivitas login benar berasal dari Anda. 
  • Konfirmasi aplikasi dan perangkat yang mengakses beberapa informasi akun
    Langkah ini membantu Anda mengatur list aplikasi dan perangkat yang masih digunakan dan yang tidak.

checkup.png

Cukup masuk di menu pengaturan My Account, lalu pilih Security Checkup di bagian bawa tab Sign-In & Security dan ikuti petunjuk selanjutnya.

Cara-cara mengamankan akun Google Apps sudah saya jabarkan diatas, bila Anda memiliki pertanyaan seputar Google Apps for Work jangan ragu untuk bertanya pada EIKON Technology sebagai Authorize Premium Partner Google Indonesia. 

Anda belum pernah dengar rangkaian alat produktivitas berbasis cloud dari Google Apps for Work dan kenapa banyak bisnis dari seluruh dunia mulai beralih menggunakannya? Klik button ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Google Apps.

Coba G Suite 30 Hari GRATIS! >

 

It's All About The Cloud

Welcome to EIKON Technology blog! We're excited to share our insights about the IT industry and the Cloud. Subscribe today to get the latest news.

  • Cloud News
  • Partner Updates
  • Product Releases
  • Company News

Subscribe To Updates