Bluebar_navbar

26

Feb


Fitur Voice Typing pada Google Docs

Membuat Google Docs mengerti apa yang Anda ucapkan kini bukan lagi sekedar mimpi. Google menghadirkan fitur Voice Typing yang memungkinkan Anda melakukan pengetikan melalui perintah suara. Kelihatannya seru, ya? Karena mengetik dengan sepuluh jari sudah terlalu mainstream ;)

Istirahatkan Jari Anda Untuk Mengetik

Google sebagai raksasa teknologi kembali melahirkan inovasi berupa voice typing yang lebih pintar. Mungkin memang bukan hal baru meski belakangan agak kalah pamor dengan hadirnya personal assistance berbasis suara seperti Siri, Cortana, atau Google Girl yang secara pintar mengolah perintah suara Anda untuk melakukan sejumlah aksi seperti setting alarm, setting pengingat, dan mencari informasi di internet.

Fitur voice typing di Google Docs kini hadir dengan lebih responsif dan disertai pilihan banyak bahasa diantaranya Bahasa Indonesia, Melayu, bahasa Inggris yang terbagi menjadi beberapa pilihan aksen, Spanyol, Mandarin, Arab, Italia, dan banyak bahasa lainnya. Inilah yang menjadi kekuatan fitur Voice Typing milik Google Docs dibanding lainnya.

Sepengetahuan saya belum ada yang menyediakan Bahasa Indonesia sebagai salah satu pilihan bahasa pada perintah suara. Jadi fitur baru ini tampaknya akan jadi teman baik dalam mengerjakan dokumen. Pasalnya, saya akan sangat terbantu bila suatu saat jari saya mulai lelah 'menari' diatas keyboard, saya tetap bisa bekerja hanya dengan bicara dan semuanya langsung terketik secara otomatis. Sweet!

Tak hanya untuk mengetik saja, fitur perintah suara ini membuat Google Docs juga mampu melakukan aksi lainya seperti setting format tampilan, meng-copy-paste, serta membuat tabel. untuk lebih jelasnya, simak video berikut:

Cara mengaktifkan fitur Voice typing di Google Docs:

Penasaran bagaimana membuat Google Docs dengan fitur Voice Typing? Tenang, cara pengaktifannya gampang kok.

  • Pilih menu "Tools" di menu bar Google Docs
  • Lalu Anda akan melihat pilihan "Voice Typing" dengan gambar mikrofon disampingnya
  • Klik, pilih bahasa dan mulai berbicara untuk mengetik

Membuat Google Docs dengan Voice typing

Mudah kan? Sekarang tak perlu bingung untuk mulai menulis darimana, karena semuanya ide dan gagasan yang lebih mudah terucap kini bisa terangkum melalui fitur Voice Typing. Coba yuk!

Inovasi dari Google banyak membantu dalam memudahkan pekerjaan Anda, salah satunya seperti Google Apps for Work, yakni serangkaian aplikasi dan email bisnis profesional yang memungkinkan Anda melakukan kolaborasi online secara real-time dari mana saja, menggunakan perangkat apa saja.

Email bisnis dari Google memiliki proteksi antri spam terkini dan bebas iklan sehingga Anda hanya menerima email yang benar-benar diperlukan. Anda juga tak perlu takut mengalami email downtime karena Google Apps for Work berbasis cloud. Email bisa dibuka dari mana saja, menggunakan perangkat apa saja yang Anda sukai. Itu artinya Anda bisa bekerja lebih fleksibel namun tetap efektif, seru ya? Ingin coba Google Apps for Work, sign-up saja trial 30 harinya disini:

Coba G Suite 30 Hari GRATIS! >

 

It's All About The Cloud

Welcome to EIKON Technology blog! We're excited to share our insights about the IT industry and the Cloud. Subscribe today to get the latest news.

  • Cloud News
  • Partner Updates
  • Product Releases
  • Company News

Subscribe To Updates