Tips Membuat Template Google Dokumen di GSuite

Membuat Template Google Dokumen – Pernah merasa bosan dengan tampilan kertas kosong di Google dokumen Anda? Saya pernah beberapa waktu mengalaminya. Pada saat itu ketika ide sedang mengalir dengan lancar, saya akan dengan semangat “menghias” tampilan dokumen tersebut.

Namun sayangnya, pada waktu itu saya belum tahu bagaimana sih cara menyimpan tampilan dokumen yang sudah saya hias tersebut untuk saya pakai lagi dikemudian hari hingga akhir-akhir ini saya baru menemukannya.

Membuat & Menyimpan Template Google Dokumen

“Apa sih tujuannya membuat template dokumen?”

Bagi Anda yang belum tahu, membuat template dokumen bisa mempersingkat waktu dalam menyelesaikan pekerjaan, lho. Terutama bagi Anda yang sering membuat dokumen dengan format yang sama. Lebih enak kan kalau pakai template yang siap pakai daripada membuat dokumen dari awal di kertas kosong? 😀

Nah, berikut ini cara membuat template Google dokumen sesuai keinginan Anda bagi pengguna GMail dan Google Apps for Work.

1. Buat tampilan yang kita inginkan untuk dijadikan template di Google dokumen

google docs

2. Lalu pada web browser kunjungi laman docs.google.com/templates untuk mengupload template Anda di galeri template. Di laman ini Anda juga dapat menemukan berbagai macam template dokumen yang telah tersedia.

google docs

3. Nah, disana Anda dapat memasukkan template yang sudah dibuat sebelumnya melalui opsi “Submit a Template” di pojok kanan laman tersebut.

4. Selanjutnya upload template yang sudah dibuat melalui opsi “Choose from Your Google Docs”

google docs

5. Anda juga bisa menambahkan sedikit deskripsi, kategori, dan bahasa untuk template tersebut pada kolom yang tersedia.

6. Langkah terakhir tinggal menyimpan template tersebut dengan klik tombol “Submit Template”. Selesai, kini Anda memiliki template personal yang siap digunakan kapan saja.

Default Template di Google Dokumen

Selain membuat template sendiri, Anda juga bisa menggunakan template yang telah tersedia di dokumen pada laman docs.google.com. Ada beberapa macam template dengan tampilan yang cantik untuk Anda gunakan setiap saat bila diperlukan.

Dengan menggunakan template maka tak ada lagi tampilan membosankan dari dokumen yang Anda buat. Pun juga dapat terasa lebih personal yang dapat di kustomisasi sesuai dengan keinginan Anda.

Salah satu keuntungannya, bila Anda pengguna layanan Google Apps for Work Anda dapat menggunakan template ini sebagai kop surat perusahaan. Sehingga Anda bisa memiliki serangkaian kop surat yang serasi dengan domain Anda untuk menunjang profesionalitas perusahaan.

Belum pernah dengar GSuite?

Layanan ini merupakan sebuah rangkaian alat produktivitas dan email hosting dari Google. Dengan teknologi berbasis web dan cloud, Anda bisa mengakses dokumen kapan saja yang Anda butuhkan menggunakan PC juga perangkat berbasis internet seperti smartphone, laptop, dan tablet. Hal ini memungkinkan Anda untuk bekerja lebih fleksibel dan efektif karena Google Apps for Work memungkinkan Anda untuk bekerja sama dengan tim secara virtual dan real-time.

Ingin dengar lebih banyak tentang G Suite? Hubungi EIKON Technology sebagai Authorize Google Apps Partner Indonesia dibawah ini:

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments