Membalas Email di Aplikasi Seluler Gmail Kini Lebih Simpel di Perangkat Android

Google Workspace baru saja meluncurkan update yang akan memudahkan Anda membalas email di aplikasi Gmail. Untuk mengetahui bagaimana cara kerjanya, mari simak ulasannya berikut ini!

Update aplikasi Gmail: Membalas email lebih cepat

Sebelum pembaruan ini, hanya terdapat opsi Reply (Balas), Reply all (Balas semua), atau Forward (Teruskan) saat Anda berada dalam tampilan percakapan email di aplikasi seluler Gmail. Setelah memilih salah satu opsi tersebut, Anda akan diarahkan ke tampilan penulisan layar penuh untuk mengetik dan mengirim balasan.

Photo Credit: Google Workspace Updates

Per bulan Agustus 2024 ini, Anda dapat membalas email langsung dari bagian bawah percakapan, tanpa harus membuka layar baru.  Itu artinya, Anda bisa lebih mudah merujuk pada email yang sedang dibalas.

Pembaruan ini cocok untuk respons yang cepat dan kasual, sehingga untuk tanggapan yang lebih panjang dan formal, Anda bisa langsung memperluas kotak penulisan email untuk mengakses lebih banyak opsi pemformatan.

Baca juga: Panel Samping Gmail Kini Dilengkapi Gemini, Apa Fungsinya?

Mulai menggunakan fitur

Pembaruan fitur ini tidak memerlukan pengaturan tambahan apa pun dari administrator untuk dapat digunakan. Untuk mulai menggunakannya Anda cukup mengikuti alur berikut:

Buka email yang ingin dibalas > klik kotak teks di bagian bawah > ketik balasan Anda > ketuk ikon kirim. Mengeklik ikon Expand to full screen memungkinkan Anda beralih ke tampilan penulisan layar penuh.  Untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara membalas pesan di aplikasi mobile Gmail, Anda dapat mengunjungi halaman Help Center ini.

Baca juga: Meningkatkan Konsistensi Data Gmail di Security Investigation Tool dan BigQuery

Ketersediaan fitur

Photo Credit: Freepik

Update aplikasi Gmail ini telah tersedia bagi pelanggan Google Workspace perseorangan dan pemilik akun Google pribadi. Namun perlu diketahui, bagi Anda yang sedang menguji fitur AI generative di Workspace Labs tidak akan langsung mendapatkan akses ke pengalaman balas cepat ini.

Per 11 Oktober 2024, pembaruan fitur ini dihentikan untuk sementara. Google Workspace tengah mengevaluasi performa dan kualitasnya. Setelah evaluasi, fitur akan diluncurkan kembali, tidak hanya untuk perangkat dengan Android OS, tapi juga iOS.

Baca juga: Cara Mengatur Visibilitas Warning Banner Gmail Email Melalui Kontrol Admin Baru

Dengan pembaruan Gmail ini Anda dapat membalas email lebih cepat, sehingga cocok untuk penggunaan di aplikasi seluler.

Selain Gmail, Google Workspace juga memiliki beberapa aplikasi lain yang saling terintegrasi, seperti Google Chat, Meet, Slides, Docs, dan juga Sheets. Menggunakan Workspace memungkinkan Anda untuk bekerja secara mudah dan seamless tanpa berpindah aplikasi atau tab di peramban. Ingin mulai menerapkan solusi produktivitas Workspace di lingkungan kerja Anda? EIKON Technology sebagai authorized partner Google siap membantu implementasi Anda. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pemasangan, silakan klik di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments