Google Cloud Technical Guides for Startups: Panduan Lengkap untuk Perusahaan Startup

Penting bagi perusahaan startup untuk mendapatkan dukungan teknis yang holistik sehingga dapat membangun dan mengukur bisnis mereka ke tingkatan selanjutnya. Pada tahun 2023 ini, Google meluncurkan seri terbaru Google Cloud Technical Guides for Startups. Melalui panduan ini Anda dapat mempelajari aspek teknis yang dibutuhkan untuk membantu pertumbuhan startup. Mari simak detail selengkapnya berikut.

Google Cloud Technical Guides for Startups

Panduan Google Cloud Technical Guides for Startups ini hadir dalam 3 multi-series, yakni seri Start, Build, dan Grow. Pada seri Start dan Build, Anda dapat menjelajahi cara untuk mulai menggunakan Google Cloud di startup Anda, serta cara untuk membangun dan mengoptimalkan aplikasi yang ada.

Google Cloud Technical Guides for Startups hadir dalam format video yang mudah diikuti. Video bisa Anda akses kapan saja. Di samping itu, Google juga menyediakan handbook gratis yang terhubung dengan video panduan. Seluruh materi disampaikan oleh internal Google sesuai dengan kompetensi masing-masing, seperti customer engineer yang akan memandu Anda di sepanjang seri Start.

Baca juga: Optimalkan Startup Anda Dengan Technical Guide For Startups, Panduan Teknis

Mengembangkan startup Anda dengan seri Grow

Baru-baru ini, Google meluncurkan seri ketiga dari panduan Google Cloud Technical Guides for Startups, yakni seri Grow. Seri ini berfokus pada tips untuk menumbuhkan dan menskalakan penyebaran startup Anda. Grow merupakan bagian terakhir dari multi-series pemberdayaan teknis.

Dalam seri Grow ini Anda tidak hanya akan mendapat informasi mengenai beberapa solusi Google Cloud yang menarik dan inovatif, tapi juga bisa mempelajari beberapa contoh kasus yang nantinya dapat diterapkan pada startup Anda.

Skalakan penyebaran Anda

Photo Credit: DCStudio (Freepik)

Di Seri Grow Google Cloud Technical Guides for Startups, Anda dapat mempelajari cara untuk menskalakan bisnis startup dengan memanfaatkan solusi yang disediakan seperti Looker (untuk mendapatkan insight yang kuat), Cloud Spanner (database relasional yang sangat terukur), AlloyDB (database postgresql), dan Anthos (platform berkinerja tinggi untuk kebutuhan konektivitas hibrida startup Anda).

Jelajahi arsitektur khusus industri

Tidak hanya mengenal dan mempelajari solusi yang disediakan Google Cloud, di seri terbaru ini Anda juga dalam menyelam ke beragam contoh kasus dari berbagai industri. Contoh kasus tersebut merupakan hasil temuan Google Cloud saat mengeksplorasi arsitektur startup, mulai dari perawatan kesehatan hingga vertikal ritel, dan banyak lagi.

Baca juga: Tips Membangun Data Team yang Solid untuk Startup EdTech dengan Google Cloud

Optimalkan untuk keberlanjutan digital

Penting bagi perusahaan startup untuk mempelajari keberlanjutan digital dan operasional (digital and operational sustainability) sekarang. Ini akan membantu mereka untuk bertahan di industri dan unggul dalam persaingan pasar. Pemahaman mengenai keberlanjutan ini pun telah tersedia di Google Cloud Technical Guides for Startups. Seri terbaru ini bahkan menyajikan informasi mengenai cara menjalankan aplikasi dengan karbon bersih (nol emisi).

Mulai episode pertama seri Grow

Photo Credit: Google Cloud Blog

Episode pertama seri Grow Google Cloud Technical Guides for Startups telah dirilis. Bagian pertama ini memberi penjelasan mengenai overview dari topik yang akan dibahas pada keseluruhan seri nantinya. Anda bisa langsung mengakses videonya di sini.

Keseluruhan panduan Google Cloud Technical Guides for Startups bisa Anda akses melalui website Cloud on Air. Anda juga dapat berlangganan kanal YouTube Google Cloud Tech untuk menemukan video panduan seri Start, Build, dan Grow.

Bagi Anda yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana Google Cloud dapat membantu pengembangan startup, bisa mengunjungi halaman ini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai program pengembangan dari Google dan mendaftar dalam komunitas startup Cloud, acara virtual, penawaran khusus, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Ini yang Perlu Dipelajari dari Penyebab Kegagalan Usaha Startup

Selain Google Cloud Technical Guide sebenarnya masih ada banyak sekali layanan yang bisa Anda manfaatkan untuk mengembangkan startup. Namun sebelum memulainya, pastikan Anda telah menerapkan komputasi awan Google Cloud untuk perusahaan. Sebab skala yang dibutuhkan oleh perusahaan Anda jelas lebih besar dari skala komputasi awan untuk pemakaian personal.

Untuk mulai menerapkan ekosistem cloud dari Google, EIKON Technology siap membantu Anda. Sebagai authorized partner Google untuk Indonesia, kami menyediakan produk legal dan bergaransi resmi. Di samping itu, kami juga menyediakan layanan menyeluruh mulai dari perencanaan hingga penerapan. Untuk langsung terhubung dengan tim EIKON Technology, silakan klik di sini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments