5 Langkah Mengatasi Ancaman Keamanan di G Suite

Saat suatu perusahaan menerapkan teknologi untuk memudahkan pekerjaan maka risiko terhadap serangan phishing dan malware juga akan meningkat. Email salah satu sisi paling populer untuk serangan phishing. Karena phiser terus-menerus mengubah taktik mereka, ancaman ini mungkin sulit dideteksi dan berkali kali admin tidak memiliki kontrol yang dibutuhkan untuk melindungi perusahaan atau untuk sekedar mendeteksi tahap awal jika adanya ancaman keamanan.

Ada 3 hal solusi untuk ancaman keamanan agar menjadi efektif:

  1. Proaktif, dan memiliki perlindungan default
  2. Cerdas, dan mudah beradaptasi dengan pola ancaman yang selalu berubah
  3. Mudah digunakan end user dan admin.

Melihat syarat diatas G Suite telah berusaha dan berhasil membuat sistem perlindungan keamanan untuk membantu admin dan pengguna mendeteksi dan memulihkan serangan. Berikut adalah contoh bagaimana Anda dapat mengenali dan membantu menghentikan ancaman menggunakan fitur dari G Suite.

  • Kenali Masalahnya

Sebagai seorang IT mengelola perusahaan besar tidak mudah. Sudah menjadi hal wajar seorang admin IT mendapat ribuan peringatan setiap hari. Besarnya volume peringatan tidak mengherankan jika banyak dari peringatan itu tidak ditindaklanjuti. Pusat Peringatan G Suite memberikan tampilan tunggal untuk admin, komprehensif tentang pembaruan keamanan paling penting.

Di dalam pusat peringatan, admin dapat menerima peringatan dan informasi yang dapat ditindaklanjuti tentang ancaman keamanan terbaru termasuk phishing, malware, akun mencurigakan, dan aktivitas perangkat yag mencurigakan. Misal ada aktivitas perangkat yang mencurigakan maka di dasboard admin akan terdapat informasi ID perangkat dan nomor seri.

  • Evaluasi dan Ambil Tindakan Segera

Memperbaiki keamanan yang telah rusak membutuhkan proses yang rumit. Maka diperlukan sistem keamanan yang mudah di aplikasikan agar dapat dengan mudah disebarkan. Pusat peringatan G Suite dan alur kerja pusat keamanan beroperasi bersama dengan baik.

Seperti gambar dibawah, kita dapat mengklik tanda investigasi yang secara langsung memuat alat investigasi di dalam pusat keamanan. Alat investigasi memungkinkan admin untuk mengidentifikasi, melakukan triage, dan mengambil tindakan terhadap masalah keamanan di domain perusahaan. Selanjutnya, admin dapat melakukan tindakan massal (di seluruh perusahaan) untuk menghapus email berbahaya dan memeriksa berbagi file untuk melihat dan menghentikan potensi pengosongan data.

  • Menyelidiki Penyebab Masalah

Dengan melakukan pivot dan mencari di investigation tool, orang dapat melihat bahwa email yang mencurigakan masuk dengan baris subjek “Time Sensitive perbarui 401 rb kontak Anda ” yang diklik oleh karyawan. Itu bisa menjadi faktor penyebab masalah untuk perangkat di diskusikan.

  • Menentukan Jangkauan Insiden Keamanan

Setelah mengetahui bagaimana pengguna ini dapat terdeteksi, kekhawatiran selanjutnya adalah apakah banyak pengguna juga telah terpengaruh. Investiogation tool adalah cara untuk mencari tahu hal ini. Di dalam dasboard yang sama, Anda dapat mencari tahu orang lain di dalam perusahaan yang telah menerima email mencurigakan yang sama. Dalam gambar dibawah sepertinya memiliki masalah yang lebih besar.

  • Limit attack proliferation

Dari gambar di atas diketahui bahwa 18 karyawan lain menerima email mencurigakan yang sama, kita perlu menyelesaikan masalah. Dengan menggunakan G Suite kita bisa mengetahui serangan ini lebih awal, kemungkinan sebagian besar karyawan tidak akan membuka email. Dalam alat investigasi, admin super dapat secara proaktif menghapus email mencurigakan dari kotak masuk pengguna. Tindakan ini dicatat dan dapat diaudit oleh organisasi jika diperlukan.

EIKON Technology sebagai Google Premier Partner dapat membantu beralih menggunakan G Suite agar bisa mendeteksi serangan phishing dan malware yang masuk kedalam email. Silahkan klik tombol dibawah dan mengisi data diri Anda.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of