Bluebar_navbar

30

Dec


Baru-baru ini terungkap cara masuk ke akun google tanpa perlu mengetik password di layar komputer Anda. Bila sebelumnya saya membahas inovasi GOTPass yang menggabungkan pola, gambar, dan kode dalam password kita. Kini Google baru saja membeberkan cara menarik untuk login ke akun Google Anda tanpa password.

LOGIN AKUN GOOGLE TANPA PASSWORD

"Terus kalo gak pake password, pake apa dong?"

Eitss, tenang dulu. Rahasianya ada pada handphone Anda. Yap, Google baru saja merilis demo login dengan smartphone sebagai media autentikasinya. Anda cukup mengkonfirmasi akses lewat notifikasi yang akan muncul di smartphone saat Anda melakukan login dari komputer.

Hal ini diketahui setelah pengguna Reddit rp1226 atau Rohit Paul membeberkan penemuan uji coba tersebut. Rohit Paul mendapat undangan khusus untuk mencoba fitur prototipe ke akun Google personalnya.

Menurut perwakilan Google, password yang ada saat ini tak lagi relevan menjamin keamanan privasi penggunanya. Para pengguna cenderung menggunakan password yang gampang ditebak.

CARA MASUK KE AKUN GOOGLE TANPA KETIK PASSWORD

google-authorize-account.jpg 

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mendapatkan fitur ini adalah dengan mengotentikasi smartphone dengan akun Google, cukup dengan mengatur setup pada laman My Account menggunakan smartphone Anda. Lalu Google akan mengirim notifikasi berupa kode yang harus di input pada komputer sebagai otentikasi.

Passwords.jpg

Setelah melakukan setup otentikasi, setiap membuka layanan Google seperti Gmail, Drive, Hangout, Google+, YouTube, dll, pengguna cukup memasukkan alamat email saja lalu Google akan mengirimkan notifikasi khusus "Trying to sign-in?" ke smartphone Anda. Selanjutnya pengguna bisa mengizinkan akses masuk atau tidak.

METODE SIGN-IN BARU INI TAK TERHUBUNG DENGAN KARTU SIM

Yang menjadi alasan utama dibalik proses sistem otentikasi baru ini adalah untuk memudahkan hubungan proses melalui perangkat yang selalu kita bawa sehari-hari. 

Cara masuk ke akun Google yang baru ini tidak terhubung dengan kartu SIM, melainkan pada perangkat smartphone Anda. Jadi Anda harus melakukan pemberitahuan pada Google saat Anda berganti smartphone dan melakukan otentikasi pada perangkat baru.

"Bagaimana kalau ponsel telah hilang atau dicuri orang?"

Bila suatu saat Anda kehilangan ponsel, pastikan Anda meninggalkannya dalam keadaan terkunci (lock screen) karena seseorang yang menemukannya bisa mengakses akun Anda melalui ponsel tersebut. Bila hal ini terjadi, gunakan aplikasi seperti device manager untuk menemukan lokasi ponsel dan kunci sistem agar tidak dapat digunakan atau hentikan registrasi dari semua layanan yang sedang digunakan pada ponsel.

TAK PUNYA PONSEL? TAK MASALAH. ANDA TETAP BISA LOGIN TANPA PASSWORD

"Lalu bagaimana bisa sign-in bila saya tak punya ponsel?"

Tak punya ponsel atau ponsel sedang habis batere bukan masalah untuk mencoba metode login baru tanpa password dari Google. Masuk saja ke situs desktop (http://google.com/), lalu sign-in dan pilih pada opsi penggunaan password.

Pada pengaturan keamanan, Anda bisa menonaktifkan fitur 'use your phone to sign-in'. Metode ini bisa membuat proses sign-in lebih cepat tanpa harus mengetik password sekaligus menjaga akun Anda tetap aman.

Cara masuk ke akun Google dengan metode baru ini diketahui dapat berfungsi dengan baik pada pengguna Android dan iOS. Namun belum ada kepastian jelas kapan fitur keren tersebut resmi untuk publik.

Bicara tentang fitur keren memang Google jagonya. Tahukah Anda, Google memiliki rangkaian aplikasi produktivitas berkelas bisnis professional yang membantu Anda bekerja lebih efektif dan efisien dengan Google Apps for Work. Dengan teknologi cloud memampukan Anda bekerja dari mana saja mengunakan berbagai perangkat favorit dengan aman. Yuk, cari tau lebih jauh tentang Google Apps for Work disini:

Coba G Suite 30 Hari GRATIS! >

 

Coba Gratis G Suite Selamanya

It's All About The Cloud

Welcome to EIKON Technology blog! We're excited to share our insights about the IT industry and the Cloud. Subscribe today to get the latest news.

  • Cloud News
  • Partner Updates
  • Product Releases
  • Company News

Subscribe To Updates

Popular Post

Recent Posts