Bluebar_navbar

29

Feb


Kiddle_Search_Engine.png 

Selama ini kita mengenal mesin pencari Google yang siap sedia segala informasi yang kita perlukan hanya dalam hitungan detik. Namun sadarkah Anda bahwa informasi yang diberikan tak selalu aman untuk anak-anak? Pengawasan orang tua dalam pemilihan konten yang ramah untuk Anak tidak dapat setiap saat, terlebih saat anak menggunakan perangkat sendiri. Solusinya, Anda bisa coba beralih menggunakan situs mesin pencari kiddle.co yang didukung oleh Google.

Perlunya Pengawasan Orang Tua Terhadap Informasi Yang Dikonsumsi Anak-anak

Di jaman modern seperti ini, smartphone dan tablet menjadi hal yang lumrah digunakan mulai dari orang dewasa, remaja, bahkan anak-anak juga tak kalah jago menggunakannya. Hal ini tak lepas dari pengaruh orang tua yang menularkan kegemaran bermain smartphone pada anak-anak, walaupun awalnya untuk dalih edukasi.

Berawal dari pengenalan teknologi untuk edukasi yang terdapat pada aplikasi tertentu, yang berguna untuk melatih perkembangan otak si anak. Selain itu, tak jarang orang tua memberi handphone pada anak untuk keperluan komunikasi, agar mudah dihubungi dan saling memberi kabar. 

Namun seiring berjalannya waktu, dalih edukasi ini mulai bergeser ketika sang anak sudah mulai jago (bahkan lebih jago dari orang tua) untuk menggunakan aplikasi lain seperti browser untuk mencari informasi yang ia inginkan. Nah, seringnya orang tua lengah dalam pengawasan seberapa jauh anak mengkonsumsi informasi yang ia dapat dari browser tersebut. Bisa jadi anak menerima informasi dari konten sembarangan. Tentu Anda tidak mau seperti itu, kan? Untuk mengatasi hal ini, Google membuat browser khusus untuk anak, Kiddle.co, dengan informasi yang sudah dipilih dan dikurasi secara cermat oleh tim editor khusus dari Google.

Mesin Pencari Google Khusus Untuk Anak-Anak

Berbeda dengan tampilan Google yang terkesan polos, Kiddle memiliki tampilan warna yang soft seperti pink dan biru muda serta ilustrasi imut agar lebih menarik perhatian anak-anak yang mengunjungi lamannya. Bahkan ketika hasil pencarian keluar pun dengan tampilan yang segar, colorful, dan imut karena disertai gambar-gambar yang lucu. Hal ini jadi hiburan tersendiri bagi saya ketika mengintip tampilannya barusan, hehe.

Anyway, cara penggunaan situs Kiddle.co ini terbilang mudah, yakni sama dengan cara kerja mesin pencari Google pada umumnya. Cukup masukan kata kunci atau keyword yang ingin dicari di kolom pencarian. Ada 4 macam kategori pencarian yang bisa dilakukan, diantaranya adalah pencarian situs web, gambar, berita, serta video.

Situs ini ditenagai dan didukung teknologi safe search untuk memastikan konten yang tersedia aman, bermanfaat, dan layak konsumsi untuk anak. Google mendukung situs ini dengan baik, terbukti dari bentukan tim editor khusus untuk mengolah dan menyortir konten ramah anak.

Hasil pencarian dari Kiddle telah dipilih dan disortir oleh tim editor atau terfilter oleh Google safe search, sehingga Anda akan mendapatkan hasil pencarian yang aman konsumsi untuk anak tanpa konten eksplisit. Robot penjaga yang pintar akan secara otomatis memblok konten yang berisi kata-kata dan gambar yang tidak pantas untuk anak-anak.

Kiddle_vs_Google.jpg

Contohnya ketika anda mengetik "Nicki Minaj", rapper wanita yang terkenal kontroversial, pada laman Kiddle dan Google, hasil yang ditampilkan akan berbeda. Pada laman Kiddle, hasil pencarian Nicki Minaj akan tampil lebih sopan dan tidak ada unsur kata-kata kasar sehingga masih aman untuk anak, berbeda dengan hasil pencarian pada Google yang menampilkan berita secara umum dan paling baru. 

Tips:

Bagi para orang tua, agar lebih aman ganti saja default browser menjadi http://kiddle.co/ pada perangkat yang digunakan anak Anda. Semoga bermanfaat mengurangi rasa khawatir dan was-was Anda dalam memberikan informasi yang tepat kepada sang anak.

***

Bicara mengenai Google, tentu tak lepas dari Google Apps for work, layanan berbasis cloud yang berisi rangkaian aplikasi penambah produktivitas berkelas bisnis yang cocok untuk berbagai macam jenis usaha. Nah, sekarang Anda bisa untung jika berlangganan Google Apps dengan sekarang bisa dapat cashback 50% hanya dengan sign-up minimal 250 user untuk annual subscription!

Google Apps Deployment Voucher >

Coba Gratis G Suite Selamanya

It's All About The Cloud

Welcome to EIKON Technology blog! We're excited to share our insights about the IT industry and the Cloud. Subscribe today to get the latest news.

  • Cloud News
  • Partner Updates
  • Product Releases
  • Company News

Subscribe To Updates

Popular Post

Recent Posts