Bluebar_navbar

29

Mar


Berbagai macam pilihan teknologi

Perkembangan teknologi di Indonesia sedang mengalami perubahan yang cukup terasa. Mungkin Anda sudah dengar berita mengenai insiden beberapa hari yang lalu seputar aksi demo para pengemudi taksi terhadap jasa transportasi berbasis aplikasi yang kini sedang naik daun.

Para driver taksi konvensional merasa dirugikan karena banyak pelanggan yang beralih menggunakan jasa layanan transportasi berbasis aplikasi yang menggunakan kendaraan pribadi. Jasa layanan transportasi ini mematok biaya yang jauh lebih murah dibanding taksi konvensional, inilah yang menyebabkan penurunan pendapatan mereka.

Insiden tersebut adalah salah satu contoh dampak dari ketidaksiapan menerima perubahan zaman dan teknologi. Yang mana sebenarnya hal ini tak hanya terjadi pada jasa transportasi, namun juga kehidupan sehari-hari secara luas yang berefek pada bisnis, ekonomi, pendidikan, dsb.

Perubahan pasti tak terhindarkan. Derasnya arus informasi dan perkembangan teknologi di Indonesia dan dunia semakin maju, kita pun harus bersikap fleksibel agar tidak tertinggal. Fleksibel dalam menyikapi berbagai informasi yang kita dapat, tidak menerima semua informasi begitu saja tanpa saringan terlebih dahulu. 

Adaptasi Dalam Masa Transisi Teknologi

Awalnya dulu, cara belanja online dianggap sebelah mata karena pada saat itu masih banyak orang-orang yang belum paham bagaimana cara kerjanya. Hal ini cukup jauh bila dibandingkan dengan saat ini, masyarakat mulai menerima bahkan mulai menggemari belanja online karena memberikan solusi yang mudah dan cepat dalam berbelanja. 

Malah sekarang cukup banyak departmen store dan toko-toko besar yang juga melayani pembelian baik secara online maupun offline di toko. Hal ini menunjukan daya adaptasi dan besarnya penerimaan masyarakat terhadap perubahan yang terjadi pada cara berbelanja.

Inovasi disruptif ini tak hanya terjadi pada industri transportasi, banyak juga sektor-sektor lain yang merasakan imbas serupa dari perkembangan teknologi. Misalnya, dengan adanya berita online mengusik eksistensi industri percetakan koran dan majalah, serta surat elektronik (email) yang mengkhawatirkan Pos konvensional. 

perkembangan teknologi mempengaruhi banyak industri di Indonesia

Cara kita bekerja juga akan berubah. Bila dulu kita menyimpan dokumen dan file di floppy disk atau disket, lalu muncul flash disk, dan yang terbaru sekarang adalah penyimpanan file dan dokumen dengan cloud storage atau penyimpanan online.

Dalam masa transisi teknologi konvensional ke teknologi modern memang perlu waktu dan pemikiran yang terbuka untuk beradaptasi dan menerima perubahan tersebut.

Teknologi baru selalu lebih baik?

Teknologi dibuat untuk memudahkan hidup manusia sebagai penggunanya, dan hal ini sudah banyak dibuktikan dengan berbagai perangkat yang kita gunakan sehari-hari dan bekerja. Teknologi yang baru merupakan bentuk penyempurnaan dari kekurangan teknologi sebelumnya, atau bahkan suatu terobosan baru dari teknologi yang belum pernah ada sebelumnya. 

"Tidak selalu dapat dikatakan lebih baik, karena semua itu tergantung kebutuhan dan keperluan Anda. Namun dengan adanya teknologi baru, memberikan banyak opsi yang lebih variatif sebagai solusi dari masalah yang ada."

Seperti teknologi cloud yang memberikan opsi baru bagi Anda untuk bekerja dengan lebih fleksibel dan efisien karena selalu terupdate otomatis ketika terhubung dengan internet. Anda tak perlu melakukan maintenance beberapa periode sekali untuk memperbarui sistem seperti yang terjadi pada teknologi konvensional. 

Sistem teknologi cloud juga yang kini telah banyak diadaptasi oleh pekerja juga perusahaan yang akhirnya melahirkan mobile workers, yakni para pekerja yang sering berpindah tempat atau banyak melakukan perjalanan dalam melakukan pekerjaannya.

Teknologi mobile mulai banyak dilirik oleh para pekerja dan pebisnis

Selain itu, cloud mendukung Anda berkolaborasi dengan rekan kerja se-tim untuk menciptakan teamwork dan kinerja yang lebih produktif seperti yang terdapat pada Google Apps for Work, yakni serangkaian aplikasi kelas bisnis yang dibuat oleh Google untuk memudahkan Anda dalam menyelesaikan pekerjaan.

Belum pernah dengar tentang Google Apps for Work sebelumnya? Atau sudah berlangganan namun Anda ingin menambah wawasan mengenai apa saja tips dan trik menggunakan tools Google Apps for Work untuk berbagai divisi di perusahaan? Semua itu dapat Anda ketahui dalam ebook gratis yang telah kami rangkum berikut ini. 

Disini akan dijelaskan bagaimana cara-cara inovatif dalam memanfaatkan berbagai aplikasi dan tools dari Google Apps agar Anda dapat bekerja dengan lebih cepat dan produktif, tak peduli departemen apa Anda berada. Download ebook gratis dari EIKON Technology disni:

New Call-to-action

It's All About The Cloud

Welcome to EIKON Technology blog! We're excited to share our insights about the IT industry and the Cloud. Subscribe today to get the latest news.

  • Cloud News
  • Partner Updates
  • Product Releases
  • Company News

Subscribe To Updates