Bluebar_navbar

12

Apr


kegunaan google apps untuk produktivitas

Kegunaan Google Apps tak hanya sebagai email hosting Anda, utamanya adalah sebagai alat untuk meningkatkan produktivitas dan membangun team work. Untuk mendapatkan reputasi yang baik, sebuah perusahaan sebaiknya mulai membangun sistem kolaborasi yang efektif baik secara internal maupun saat dengan klien, seperti yang dilakukan 5 perusahaan dunia berikut:

1. BEKERJALAH DENGAN PELANGGAN ANDA

M&C Saatchi adalah perusahaan advertising internasional dari Inggris menggunakan Google Apps for Work untuk berkolaborasi lebih efektif dengan klien mereka. Agensi ini menggunakan Drive untuk menyimpan file disain berukuran besar dalam satu tempat, sehingga memungkinkan team member dan klien saling me-review, edit, atau menambahkan komentar tanpa harus mentrasfer file tersebut.

Saat deadline presenti sedang banyak-banyaknya, mereka menggunakan Slides untuk mengerjakan presentasi bersama-sama. Penulis utama menentukan arah presentasi, sedangkan anggota tim dapat dengan mudah melengkapi slide individual mereka tanpa khawatir akan mengganggu anggota lainnya. 

"Aplikasi berbasis cloud seperti Google Apps dan Drive menjadi jembatan bagi seluruh team untuk bekerja sama dalam satu tujuan bersama, dan itu berarti kita dapat lebih cepat memulai dan juga lebih cepat menyelesaikan dengan sangat efektif."

- Ben Cooper, Group Innovation Director, M&C Saatchi

2. BUATLAH SEMUA KARYAWAN MERASA JADI BAGIAN DARI SEBUAH TIM

Perusahan Rentokill Initial memiliki 6 lini usaha yang tersebar lebih dari 60 negara. Hal ini terkadang membuat para karyawannya agak kurang akrab. Perubahan mulai terasa ketika mereka memanfaatkan kegunaan Google Apps for Work untuk menghubungkan para karyawaannya. Kini semua tim menggunakan Drive dan Sites untuk saling berbagi informasi yang berguna mengenai antar pekerja dan pekerjaan mereka. Para pejabat perusahaan Google+ untuk memposting highligts pekerjaan dan acara kantor. Mereka bahkan memiliki grup sendiri yang memudahkan mereka untuk saling berbagi pengalaman.
 
Dengan melibatkan karyawan pada bagian dari sebuah tim dapat menjadi bentuk apresiasi bagi mereka atas kontribusi yang mereka lakukan. Dan karyawan yang bahagia akan menunjukan performa yang antusias dan produktivitas yang baik.  

"Berbagi secara online sangat membantu kami untuk menjadi perusahaan yang lebih sosial secara organisasi dan akrab, yang mana itu penting untuk memudahkan karyawan dan juga sebagai budaya perusahaan."

- Peter Shorney, Manajer Operasional IT Global, Rentokil Initial

profesionalisme kerja dengan memanfaatkan teknologi

3. PENYELESAIAN MASALAH YANG KREATIF DENGAN PENDEKATAN KOLABORATIF

Menyelesaikan permasalahan bisnis adalah pekerjaan utama sebagai salah satu firma consulting terbesar di dunia, PricewaterhouseCoopers® (PwC). Namun, meskipun sebagai perusahan jasa konsultan, mereka juga mengalami kesulitan dalam mengimplementasikan proses kolaborasi yang baik, sampai akhirnya mereka menggunakan Google Apps for Work.
 
Sekarang tim PWC terlihat lebih kolaboratif, kreatif, dan lebih bersemangat dari sebelumnya. Contohnya, saat ini karyawan telah mampu memangkas 2-5 jam dari waktu meeting dalam seminggu dengan kolaborasi penyelesaian masalah yang lebih cepat menggunakan Docs. Karena dikerjakan secara berbarengan secara real-time, pekerjaan menjadi lebih cepat selesai
 
Kumpulan ide dan pengetahuan karyawan menjadi sebuah kekuatan bagi perusahaan, maka itu perlu adanya perubahan pola kerja dari indivual dan task-oriented menjadi fokus pada teamwork yang melibatkan para karyawan untuk memecahkan suatu masalah bersama-sama.

"Dengan memberikan alat kolaborasi yang tepat, kami dapat membantu mereka untuk membuat dan berkompetisi dengan cara yang baru. Dengan menggunakan Google Apps, tim kami tampak lebih aktif, produktif, dan mobile. Hasilnya kami dapat memberi nilai lebih pada klien dengan hasil yang cepat selesai."

- Deborah Bothun, Pemimpin Media & Komunikasi US, PwC 

4.  MANAJEMEN PROJECT SEDERHANA DAN KOMUNIKASI TIM

Grass Roots® adalah sebuah perusahaan yang bertumpu pada kolaborasi dan komunikasi untuk mendapatkan kepercayaan dari kliennya. Google Apps memberikan revolusi baru pada cara membangun team work yang meningkat.
 
Lebih efisien dengan Online Meeting 
 
Kini semua karyawan dapat dengan mudah berbagi dan mengupdate project, kalender, budgeting, dan dokumen secara online dan real-time. Mereka dapat dengan mudah terhubung melalui email, pesan instan, dan video konferensi menggunakan laptop atau perangkat mobile mereka.

"Bagi pegawai kami, Google Apps adalah revolusi bagi kerja tim dan project. Kami dapat lebih terorganisir karena semuanya -- termasuk laporan perkembangan project dan perhitungan biaya -- tersimpan secara tranparan serta update terbaru yang dapat dilihat secara online oleh pegawai."

- Danny Attias, CIO, Grass Roots

***

Dengan memanfaatkan kegunaan Google Apps untuk berkolaborasi dapat memberi hasil yang besar pada peningkatan produktivitas sehingga membangun team work yang solid dapat tercapai. Pekerjaan yang dilakukan secara tim yang efektif akan lebih cepat terselesaikan. Google Apps menyediakan tools tersebut yang dapat kita manfaatkan sesuai kebutuhan.
 
 New Call-to-action
 
Tambah wawasan Anda dengan ebook kami yang berisi Innovatife Guide to Google Apps Use at Work (Bahasa Indonesia), yang akan menjelaskan pada Anda cara-cara paling mudah dan inovatif dalam memanfaatkan berbagai macam tools Google Apps untuk meningkatkan produktivitas dan teamwork di perusahaan, seperti kisah-kisah yang saya ceritakan diatas. Download ebook-nya sekarang, gratis! 
 
Atau Anda sudah penasaran ingin coba Google Apps untuk 30 hari? Daftar disini.

Coba Gratis G Suite Selamanya

It's All About The Cloud

Welcome to EIKON Technology blog! We're excited to share our insights about the IT industry and the Cloud. Subscribe today to get the latest news.

  • Cloud News
  • Partner Updates
  • Product Releases
  • Company News

Subscribe To Updates

Popular Post

Recent Posts